100 UMKM Pasbar Berkat Hj Nevi Siap Tembus Pasar Global

oleh -42 views
Nevi Zuairina beri pengarahan di pelatihan UMKM Pasaman Barat. (hd)

Pasaman Barat — Produk UMKM di Pasaman Barat (Pasbar) tifak kaleng-kaleng, kini setelah difasilitasi Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, Hj. Nevi Zuairina 100 UMKM Pasbar siap tembus pasar global.

Pasalnya, wakil rakyat dari PKS itu telah memfasilitasi pelatihan kepada 100 pelaku UMKM Pasaman Barat yang berasal dari 11 Kecamatan. Mereka mengikuti pelatihan tentang Kiat Menembus Pasar Global, di mana kegiatan ini bersumber dari anggaran Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI.

Hj. Nevi Zuairina dari daerah Pemilihan Sumatera Barat II  pada pelatihan tersebut yang di dampingi Tim Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI ini langsung membuka acara satu hari penuh ini.

Menurut Hj Nevi Zuarina kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan para pelaku UMKM kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat terkait langkah-langkah dan strategi agar para pelaku usaha dapat menembus pasar global.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, tidak tertutup kemungkinan UMKM Pasaman barat bisa menembus pasar global, oleh sebab itu diperlukan pengetahuan terkait tata cara, langkah serta apa yang perlu dipersiapkan agar bisa menembus pasar global,” ujar Nevi Zuairina dikutip dari NZ Center Minggu 27/11-2022.

Legislator asal Sumbar ini menjelaskan,  sosialisasi ini terkait cara melaksanakan pemasaran dan promosi produk UMKM melalui media Digital, seperti media sosial dan juga e-commerce.

“Hari ini para pelaku UMKM terpilih, selain mendapatkan pengetahuan tentang pemasaran online, juga mendapat pengetahuan tentang pentingnya foto produk, dan hari ini kita juga mendatangkan fotografer handal yang akan mengambil foto produk para UMKM, agar pelaku UMKM ini memiliki Foto produk yang bagus,”ujar Hj Nevi.

Istri Gubernur Sumatera Barat H. Irwan Prayitno, Datuak Rajo Bandaro Basa periode 2010 – 2021 berharap, UMKM Pasaman Barat dapat naik kelas dan mampu memasarkan produknya melalui media online serta dapat menyentuh pasar internasional.

Hampir seluruh perseta, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Hj. Nevi Zuairina dan Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI yang telah melaksanakan kegiatan ini.

Karena kegiatan seperti ini, ada update informasi dan pengetahuan yang didapat tentang cara menembus pasar global, dan juga mendapatkan ilmu tentang pemasaran online

“Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat, menambah pengetahuan, serta tak kalah pentingnya, bantuan berupa pemotretan produk dapat menghasilkan foto produk yang bagus sehingga menjadi perhatian calon-calon pembeli.

Hj Nevi berkomitmen kegiatan sosialisasi dan pelatihan serupa akan diupayakan sering dilaksanakan.

‘Agar dapat menambah pengetahuan para pelaku UMKM, dan tentunya berdampak baik untuk kemajuan usaha para pelaku UMKM kabupaten Pasaman Barat maupun wilayah lain di Sumatera Barat,”ujar Hj Nevi Zuairina.(hd)