1000 Lebih Sampel Swab, Dua Positif Cov-19, dr Andani EP: Banyak Kasus itu Tanda Pencegahan Optimal

oleh -896 views
Dr dr Andani Eka Putra yakin Sumbar aman outbreak coronavirus, karena belum ada sinyal tanda fase erupsi, Jumat 22/5 (foto: dok)

Padang,—-Dua laboratorium diamanatkan memeriksa sample swab Covid-19 di Sumbar, dalam waktu kurang 24 jam tembus memeriksa 1073 sample swab.

Menurut Pimpinan dua labor pemeriksa sampel swab Sumbar Dr.dr. Andani Eka Putra, dua positif dari 1073 sampel masih belum bisa dipastikan apakah Covid-19 di Sumbar kurvanya sudah landai.

”Belum bisa pastikan, yang jelas kita harus amati hingga 1-2 minggu kedepan, jika stabil (sampel banyak dengan hasil positif minim) berarti bagus,”ujar dr Andani di whatsapp group ‘Kawal covid-19 Sumbar’ Jumat 22/5.

Tapi kata dr Andani Eka Putra yang paling penting semakin banyak kasus ditemukan itu menggambarkan upaya pencegahan optimal.

“Kalau positifnya menurun terus itu tanda rantai penyebaran telah terputus,”ujar Andani.

Dan kata Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand, virus menyimpan penyebarannya lalu tiba-tiba terjadi ledakan (outbreak), Andani menyatakan Sumbar aman.

”Insya Allah dalam satu bulan ke depan kita aman, karena tidak ada tanda-tanda atau sinyal kearah fase erupsi,”ujar Andani. (iko)