1000 Sopir Angkutan Umum Diswab, IP Apresiasi

oleh -390 views
oleh
390 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno tinjau dan apresiasi tes swab gratis digagas Ketua Organda Sumbar S Budi Syukur, Selasa 23/6 (foto: dok)

Padang,—Test Swab gratis digagas Organda kerja sama dengan Dinkes Sumbar diantusiasi sopir angkutan umum.

Bahkan antusias para sopir mendapat apresiasi dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang menyengaja hadir saksikan test seab awak angkutan umum di Kantor  Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumbar, Selasa 23/6.

Irwan Prayitno atau biasa disapa IP mengatakan pengambilan sampel swab ini gratis digagas Organda bekerja sama dengan pemerintah Sumbar.

“Keinginan Ketua Organda Sumbar Pak Budi Syukur yang minta dibantu test swab sopir dan kernet  sebuah inisiasi kemanusiaan. Karena pengambilan sampel swab ini bagian dari upaya pemerintah menjaga masyarakat di masa tatanan normal baru. Masyarakat yang sudah dilonggarkan beraktivitas harus dilindungi supaya tidak lagi tertular Covid-19,”ujar Irwan Prayitno.

Terus terang Test Swab gratis ini sangat diapresiasi.

”ini konkrit untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19, test swab juga dimaksudkan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para penumpang angkutan umum,”ujar Irwan Prayitno.

Dan jiak ada temuan sopir, kernet dan staf perusahaan transportasi positif virus corona, Pemprov dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar akan melakukan perawatan, isolasi dan karantina di berbagai fasilitas yang ada.

“Kita berikan fasilitas sampel swab. Penggerak transportasi, pariwisata, pedagang silakan diurus nanti kita berikan pemeriksaan swab gratis,” ujar Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno berharap, test swab yang dilakukan bisa mencapai target 1.000 orang.

Irwan mengatakan pengambilan sampel swab masyarakat itu akan terus dilakukan untuk mengendalikan dan menekan pertumbuhan virus corona di Sumbar.

”Hingga hari ini total kasus covid-19 di Sumbar kini sudah 712 orang. dengan rincian  526 orang atau 73,88 persen sembuh, 30 orang atau 4,12 persen meninggal dunia dan masih dirawat dan isolasi 156 orang atau 21,91 persen,”ujar Irwan Prayitno.

Ketua DPD Organda Sumbar, Sengaja Budi Syukur menyebutkan, test swab merupakan kebijakan Organda Sumbar bekerja sama dengan Pemprov Sumbar yaitu Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Sumbar.

“Test swab ini kita khususkan untuk sopir angkutan umum, AKDP, AKAP, angkutan pariwisata, taxi dan lainnya. Sementara untuk waktunya kita bagi pelaksanaannya,” tutur Budi.

Apabila hasilnya negatif, maka sopir akan dikasih stiker negative Covid-19 dengan jangka waktu tertentu untuk ditempel di kendaraan angkutan umumnya.

“Kalau hasilnya negatif, kita akan berikan stiker yang ditempelkan pada kendaraanya. Nanti penumpang bisa tahu dan aman untuk transportasi,” ujarnya.

Dan sopir pun kata Budi juga bisa mengingatkan penumpang untuk memakai masker, agar jangan sampai sopir tertular Covid-19 dari penumpangnya.(koko)