15 Menit Tuntas, Waoo Perizinan Padang Pariaman Luar Biasa

oleh
Nova warga Lubuk Aluang rasakan lansung pelayanan DMPTP Padang Pariaman, luar biasa 15 menit tuntas dan beres, Rabu 11/7 (foto: dmptp)

Padang Pariaman,—Di era digitalisasi maka siapa yabg bisa berinovasi maka dia akan leading dalam kompetisi.

Terbukti dalam pelayanan publik cara lama buang jauh-jauh, kalau bisa dipersukit ngapaian dipermudah, itu Jadul.

Dan dipastikan tidak akan pernah masyarakat menemukan cara  Jadul pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perizinan (DPMPTP) Kabupaten Padang Pariaman.

Karena Kepala Dinasnya Hendra Aswara mampu melakukan revolusi pelayanan dari Jadul ke Jaman Now.

Hendra berkomitmen, mendapatkan apresiasi  masyarakat. Layanan yang ramah, proses cepat, ruangan yang nyaman dan transparan dirasakan ketika masyarakat mendatangi kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu dan Perindustrian (DPMPTP) Kab. Padang Pariaman .

Nova Yuliana (26), warga Lubuk Alung, mengaku pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dapat ditunggu selama 15 menit saja.

“Urus izin di sini cepat, 15 menit tuntas dan beres. Sistim sudah online dan gratis. Proses Perizinan di padang Pariaman luar biasa dan perlu dicontoh,”uajr Nova usai menerima berkas izin di Ruang Pelayanan, DPMPTP, Rabu 11/7 siang tadi.

Tak hanya itu rasa berurusan dengan birokrasi duku tak terasa lagi di DMPTP, malah kata Nova petugas front office dinas itu juga mampu menjelaskan terkait izin usaha maupun persyaratan yang harus dipenuhi.

Artinya, masing-masing petugas telah memahami Standar Operasional Prosedur terhadap seluruh jenis perizinan dan non perizinan.

Nova juga ditawarkan menggunakan fasilitas AJEP (Antar Jemput Perizinan) dalam pengurusan perizinan oleh petugas. Ia mengaku juga telah mengetahui dan pernah menggunakan layanan AJEP yang sangat memudahkannya.

“Kami juga tahu tentang Inovasi AJEP. Karena beberapa waktu lalu, ada urus izin dan diantar petugas AJEP ke Lubuk Alung. Gratis tanpa biaya dan kita tak perlu ke kantor perizinan lagi” ujar Nova.

Kepala DPMPTP Hendra Aswara mengatakan kemudahan berusaha di Padang Pariaman sejalan dengan kemudahan proses perizinan. Adanya Program SEJATI (Sehari Jadi Gratis) terhadap tujuh jenis izin dan tanpa biaya. Seperti urus SIUP dan TDP, bisa selesai 10-15 menit.

“Apabila warga tak sempat ke DPMPTP, masyarakat bisa panggil petugas AJEP dengan menelpon ke nomor 08116607788. Cukup tunggu di rumah, petugas akan datang menjemput berkas lalu mengantarkan berkas Izin yang sudah selesai,”ujar Kadis termuda di Sumbar ini.

Bahkan inovasi pelayanan di dinas tersebut tidak  pernah berhenti, Hendra Aswara, juga telah meluncurkan program weekend service yang digelar setiap sabtu dari jam 8 pagi hingga 12 siang. Bagi warga yang memiliki kesibukan dihari kerja dapat memproses perizinan di akhir pekan.

Jebolan STPDN Angkatan XI itu menambahkan dengan memanfaatkan teknologi informasi, DPMPTP telah bisa akses dengan mendownload SIMPEL Padang Pariaman melalui android. Terdapat tiga menu yang ditampilkan yaitu Layanan Perizinan Online, Tracking dan Pengaduan.

Hasilnya, terbukti dari data penerimaan daerah, Layanan AJEP sangat berkontribusi terhadap menungkatnya Pendapatan Asli Daerah khususnya Retribusi izin mendirikan bangunan.

“Dari target 1,5 milyar tahun 2018, telah tercapai 1,42 Milyar. Artinya sudah mencapai 93% per 1 Juli 2018 dan diperkirakan pada bulan ini target tersebut sudah bisa 100%,”ujarnya.(rilis: dmptp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *