154 Perangkat Nagari Dilantik Serentak

oleh
Ketua Umum Kadin Sumbar Ramal Saleh hadiri pelantikan 154 Perangkat Nagari di Kecamatan VII Koto, Padang Pariaman. (foto: ayh)

Sungai Sariak,—Dua belas nagari di Kacamatan VII Koto Sungai Sariak, kini telah memiliki perangkat yang lengkap. Ke-154 orang perangkat nagari itu, Senin (7/1) sore dilantik secara serentak di halaman Kantor Camat VII Koto.

Pelantikan dalam hujan gerimis tam mengurangi kekhidmatan, dihadiri Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Suhatri Bur, MM., Camat VII Koto Drs. Yoserizal, Ketua Kadin Sumbar H. Ramal Saleh, 12 Wali Nagari, Anggota DPRD Ramli, Tuanku Syafri Imam Sari Alam, tokoh perantau John Kenedy Martin dan tokoh masyarakat.

Mereka yang dilantik adalah Sekretaris Nagari, Kasi dan Wali Korong. Pembacaan sumpah jabatan perangkat ini dipandu Wali Nagari Ambuang Kapur Drs. Kardimon, sambutan Ketua Forum Wali Nagari Darmawan Darwis, SH dan arahan Camat VII Koto Sungai Sariak Drs. Yoserizal.

Wakil Bupati Suhatri Bur, menyambut baik pelantikan perangkat nagari secara serentak ini.

“Saya harapkan perangkat nagari yang dilantik ini bisa langsung mengabdi dan menjaga integritas. Layani masyarakat dan jauhi perilaku tidak terpuji,”ujar Suhatri Bur.

Sementara Ketua Kadin Sumbar H. Ramal Saleh mengucapkan selamat kepada seluruh perangkat nagari yang dilantik. Ia mengatakan, masyarakat membutuhkan pelayanan administrasi yang makin prima dan upaya upaya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena itu, aparat nagari diharapkan cepat tanggap, santun, melek informasi dan selalu kreatif.

Menurut Ramal Saleh, nagari jangan sampai terlena dengan kucuran Dana Desa yang besar. Tetap mesti dipikirkan sumber ekonomi masyarakat untuk jangka panjang.

“Mari kita perbaiki infrastruktur dan kemudian dukung kemajuan UMKM serta besarkan Bumnag di nagari. Ke depan tentu ketergantungan pada bantuan mesti dikurangi sejalan dengan target nagari yang mandiri,” kata Ramal Saleh, yang juga Putra VII Koto Sungai Sariak.

Ramal Saleh sendiri dalam kapasitasnya Ketua Umum Kadin Sumbar sedang menggerakkan tanaman pala di nagari. Gerakan yang dinamakan Gebu Pala ini menargetkan penanaman seribu hektar tanaman pala di Sumatera Barat. Tujuannya adalah meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus menggenjot nilai ekspor. (ayh)