20 Tahun Kekeringan, Masyarakat Nagari Sitanang Ucapkan Terimakasih

oleh -144 views
(doc/fhn)

Limapuluh Kota, Tribunsumbar.com — Mayarakat Jorong Coran, Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota khususnya Dinas PUPR, pasca selesainya proyek irigasi yang dikerjakan oleh CV Anjha Jaya Karya, Jumat (22/10).

Kepala dinas PUPR Kabupaten Limapuluh Kota Hj Yunire Yunirman mengatakan agar masyarakat sepanjang aliran irigasi batang coran dapat menjaga dan memelihara infrastruktur tersebut.

“Tolong dijaga dan dipelihara infrastruktur yang sudah ada,” jelasnya saat diwawancara via WhatsApp.

Begitupun dengan Hendrik yang amanatkan menjadi PPK proyek irigasi tersebut, menurut Hendrik irigasi batang coran ini bertujuan agar bisa masyarakat merasakan dampak baiknya.

“Banyak aduan masyarakat terkait sulitnya air, sehingga sawah, kebun dan kolam masyarakat di Nagari Sitanang khususnya Jorong Coran mengalami gagal panen dan bahkan sampai kekeringan, kami (PUPR.red) lansung mensurvei lapangan dan mengangarkan untuk kegiatan pembuatan irigasi di Jorong tersebut, dan Alhamdulillah berjalan lancar,” ucap Hendrik saat diwawancara diruang kerjanya.

Sementara itu, pelaksana lapangan dari CV Anjha Jaya Karya Dadang mengatakan seputaran kegiatan pembuatan irigasi tersebut.

“Kita mengerjakanya 100 hari kerja, tecatat awal Oktober sudah selesai, dan kita tidak pernah lepas tanggung jawab, walapun sudah selesai, saya beserta anggota lainya selalu pergi ke lapangan untuk melihat dan memastikan kalau kegiatan yang kami kerjakan benar-benar ada manfaatnya bagi masyarakat,” terang Dadang didampingi anggotanya.

Sebelumnya, Kepala Jorong Coran Metra Gusman mengatakan ucapan terimakasih kepada pihak PUPR dan juga Rekanan CV Anjha Jaya Karya, dikatakan Metra kalau di sini sudah 20 tahun irigasinya mati.

“Terimakasih kepada pihak pemerintah dan pelaksana dilapangan, memang irigasi disini sudah 20 tahun tidak pernah dialiri air, itu berdampak kepada pertanian, perkebunan dan kolam ikan masyarakat. Irigasi batang coran yang panjangnya lebih kurang 3 KM ini sampai saat ini sudah bisa mencukupi kebutuhan ratusan hektar sawah dan kolam masyarakat,” imbuhnya.

Saat media dilokasi irigasi batang coran, salah satu masyarakat juga sebagai kepala P3A aliran batang coran Putra, karena adanya irigasi ini, setidaknya ratusan Hektar sawah dan ladang masyarakat telah terpenuhi untuk kebutuhan airnya, begitupun dengan kolam yang dulunya kering, dan menjadi tempat pembuangan sampah bagi masyarakat, sekarang sudah terisi berbagai macam jenis ikan kembali. (Farhan)