2020 Tahun Tak Terlupakan, Genius Tetap Bergerak, Berinovasi dan Berkarya

oleh -301 views
oleh
301 views
Meski tahun pandemi covid-19, Kota Pariaman tetap berjibun penghargaan, Allhamdulillah. (foto: dok/facebook @geniusumar)

Pariaman,—Tahun 2020 telah berlalu, sekarang  memasuki 2021 yang penuh dengan harapan.

2020 kata Walikota Pariaman Genius Umar tahun yang tak akan bisa dilupakan karena Pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh lini kehidupan.

“Meski pandemi tak ada kata menyerah apalagi pasrah. Kita harus terus bergerak, berinovasi dan berkarya, dengan segala keterbatasan yang kita punya,” ujar Walikota Pariaman Genius Umar di akun facebooknya, Senin 4/1.

Semoga kata Genius Umar di 2021 ini, Pariaman, Sumatera Barat dan Indonesia dapat bangkit.

“Bangkit untuk semakin menjadi lebih baik lagi dalam menata Kota Pariaman menjadi semakin maju dan dapat bersaing dengan kota dan kabupaten lainya yang ada di indonesia. Terimakasih atas kerjasama seluruh stakeholder dan masyarakat selama ini, atas pencapaian dan penghargaan yang diterima Kota Pariaman selama 2020,”ujar Genius Umar.

Meski 2020 tahun Pandemi Covid-19 namun berjibun apresiasi dan pengahragaan masih diperoleh Kota Pariaman dibawah kepemimpinan Walikotanya Genius Umar.

Inilah beberapa Penghargaan yang diterima sepanjang Tahun 2020 yaitu :

1. Penghargaan Pembina terbaik Dana Desa tingkat Provinsi Sumatera Barat, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, kepada Walikota Pariaman, Genius Umar, bertempat di Pangeran Beach Hotel Padang, Rabu, 26 Februari 2020.

2. Penyerahan penghargaan respon rate terbanyak di Provinsi Sumatera Barat dengan capaian respon rate 156,97% dari total target SP Online oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman, Yuliandri, kepada Walikota Pariaman Genius Umar, bertempat di Rumah Dinas Wako Pariaman, Selasa, 4 April 2020.

3. Kota Pariaman meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2020,ini atas laporan keuangan tahun 2019 untuk yang ke tujuh kalinya. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yusnadewi, kepada Walikota Pariaman Genius Umar di ruang pertemuan Kantor BPK RI Perwakilan Sumbar di Padang, Jumat, 15 April 2020.

4. Kota Pariaman menerima Penghargaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Leader Future School, bersama dengan 3 Negara lainya di ASEAN, yang diserahkan oleh Cik Khairul Anuar Mansor sebagai Koordinator Program Asia atau ASEAN Youth Conference (AYC) yang diterima oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, bertempat ruang kerja di Balaikota Pariaman, Jum’at, 6 Maret 2020.

5. Walikota Pariaman, Genius Umar adalah satu-satunya Walikota di Sumatera Barat yang memperoleh penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, dimana seyogyanya penghargaan ini diserahkan oleh Hasto Wardoyo pada acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang batal dilaksanakan karena Covid-19, sehingga penyerahan ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, di Hotel Axana Padang, Selasa, 18 Agustus 2020.

6. Kota Pariaman raih Penghargaan Peringkat Pertama di Sumatera Barat untuk capaian Akseptor KB, yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit kepada Kepala DP3AKB Kota Pariaman, Nazifah, dimana Kota Pariaman capai 325 Persen Target Akseptor MKJP, mencapai 586 akseptor dari target sebanyak 178 akseptor yang ditetapkan, bertempat di Hotel Axana Padang, Selasa, 18 Agustus 2020.

7. Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman, Genius Umar, terima Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti dari Ketua Kwartir Nasional (KaKwarnas), Boedi Waseso, yang diserahkan oleh Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) 03 Sumatera Barat, Nasrul Abit pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang dilaksanakan di The Balcone Hotel Bukittinggi, Senin, 24 Agustus 2020.

8. Walikota Pariaman, Genius Umar saat menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Tahun 2020. oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi, Eddy Sulistijanto Hadie, bertempat di Rumah Dinas Walikota Pariaman, Jumat, 25 September 2020.

9. Raih Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) Lima Kali berturut-turut, Pemerintah Kota Pariaman Terima Plakat Penghargaan dari Kemenkeu RI. Penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan (Kakanwil DJPb) Provinsi Sumatera Barat, Heru Pudyo Nugroho, kepada Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, bertempat di ruang kerja wakil walikota, Balaikota Pariaman, Kamis, 12 November 2020.

10. Kota Pariaman Raih Penghargaan Peduli Wisata Awards (PWA) 2020 Kategori The Best Performance dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat, diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno kepada Pj Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Ahmad Zakri, dimana Kota Pariaman meraih Juara III untuk Kategori The Best Performance, bertempat di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Kamis, 19 November 2020.

11. Untuk pertama kalinya, Kota Pariaman mendapat Peringkat III penerima penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2020 dari Komisi Informasi Sumatera Barat sebagai badan publik yang informatif.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, kepada Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri, bertempat di Ballroom Hotel Grand Zuri Padang, Rabu, 25 November 2020.

12. Kota Pariaman raih penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020, Kategori Kota Sangat Inovatif, yang diserahkan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Agus Fatoni kepada Walikota Pariaman, Genius Umar, bertempat di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, Jum’at, 18 Desember 2020.(sumber: Facebook @geniusumar)