2045 Indonesia Juara Dunia

oleh -1,861 views
oleh
1,861 views
LT V Gerakan Pramuka Nasional ratusan pramuka bentangkan spanduk 2045 Indonesia Juara. (foto: google)
LT V Gerakan Pramuka Nasional ratusan pramuka bentangkan spanduk 2045 Indonesia Juara. (foto: google)

Jakarta,—Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017 mendatang, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault dan ratusan Pramuka membentangkan spanduk ukuran 10 m x 0,8 m bertuliskan “2045 Indonesia Juara.”

Spanduk ini dibentangkan usai Pembukaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) 2017 di Lapangan Kempi 2 Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur, Senin (23/10) pagi.

“Usia kami sekarang 11-15 tahun, 2045 Indonesia Juara Dunia. Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928 – 28 Oktober 2017,” demikian tulisan lengkap dari spanduk tersebut.

Selain itu, dibentangkan pula spanduk dengan ukuran sama bertuliskan “Ayo Promosikan dan Bela NKRI di Media Sosial – Pramuka Perekat NKRI.”

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengaku bangga dengan para peserta. Menurutnya, semua peserta adalah pemenang, setidaknya di daerah masing-masing.

Mereka adalah pemenang di LT-IV (tingkat Kwarda/Provinsi), LT-III (Tingkat Kwarcab/Kabupaten atau Kota), LT-II (tingkat Kwarran/Kecamatan), dan LT-I (tingkat Gudep).

“Sekarang tantangannya berat. Pertama, media sosial. Kalau ada di Pramuka, medsos pasti digunakan untuk positif. Kedua, narkoba. Pramuka yang aktif dan ada tanda kecakapan tidak akan seperti itu.

“Dan yang paling masif menghadapi tantangan ini adalah Pramuka, karena Pramuka ada sampai di kecamatan dan sekolah,” ungkap Menpora Periode 2004-2009 itu.

Pria berkumis ini juga berpesan kepada peserta LT-V, meskipun sedang berlomba agar tetap menjaga persaudaraan.

“Persaudaraan ini, sangat bermanfaat baik untuk sekarang maupun di kemudian hari. Apalagi, tema LT-V Tahun 2017 yang diusung adalah Persaudaraan, Mandiri dan Prestasi,”ujarnya.

Sementara Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdiklatnas), Suyatno menegaskan bahwa LT-V merupakan komitmen Gerakan Pramuka mengawal generasi muda mulai dari bawah.

“Pramuka secara istiqomah membuat Ini,  anti-body kepada anak-anak. Melawan peredaran narkoba tidak akan berhenti kecuali dengan imun. Kita ingin membuat imun atau anti-body generasi muda terhadap narkoba, dan lain-lain. Nah, LT-V adalah alat bukan tujuan, karena di LT-V menggunakan sistem kepramukaan,” ujar professor yang sudah menulis 40-an buku mengenai kepramukaan ini.(rilis kwarnas)