239 BP Kembalikan Qusioner, KI Segera Nilai

oleh -142 views
KI Sumbar gelar jumpa pers pastikan badan publik mengembalikan quisioner segera dinilai, Kamis 5/9 di Kantor KI Sumbar. (desain foto: ichobb)

Padang,—239 Badan Publik (BP) untuk 10 kategori penilaian keterbukaan informasi publik segera dilakukan penilaian oleh Komisi Informasi (KI) Sumbar,

“Pengembalian quisioner untuk 10 kategori badan publik berakhir pada pukul 00.00 WIB, Kamis 5/9 dini hari tadi, KI segera melakukab penilaian quisioner mandiri dan menilai website resmi badan publik,”ujar Ketua Panitia Pemeringkatan Badan Publik yang juga Komisioner membidangi kelembagaan KI Sumbar, Tanti Endang Lestari pada pers conference di Kantor KI Sunbar Jalan Sisingamaraja Nomor 36 Padang.

10 kategori jadi sasaran penilaian keterbukaan informasi publik di Sumbar yaitu, PPID Pembantu OPD se Penprov Sunbar, PPID Utama Pemkab dan Pemko, lalu PPID instansi vertikal, PPID KPU Kota dan Kabupaten, PPID Bawaslu se.Sumbar, PPID PTN/PTS, PPID BUMN/BUMD, PPID Parpol dan PPID SMA/SMK dan MAN.

“Secara kuantitas badan publik ikut pemeringkatan keterbukaan informasi publik terjadi peningkatan di kategori OPD, Pemkab/Pemko, dan Bawaslu, KPU dan PPID SMA/K dan MAN juga Parpol. Sedangkan kategori BUMN/BUMD dan PTN/PTS serta Nagari dan instansi vertikal mengalami penurunan tapi tidak terlalu anjlok dibandingkan penilaian keterbukaan 2018,”ujar Tanti.

Meski begitu KI Sumbar kata Wakil Ketua KI Nofal Wiska, untuk 2019 ini lebih menitik beratkan pada kualitas badan publik dalam penerapan UU 14 tahun 2008 dengan acuan penilaian berdasarkan Perki 5 tahun 2016 tentang monitoring dna evaluasi.

“Sehingga itu untuk 2019 penilaian mengacu pada aturan Perki 5 tahun 2016, dengan brevet badan publik, informatif, menuju informatif dan cukup informatif. Untuk kategori yang dipenilaian akhirnya nanti tak ada mencapai great cukup informatif, maka kategori itu kita drop untuk tidak diberi anugerah dan reward berupa uang tunai,”ujar Nofal.

Menurut Komisioner KI Arif Yumardi yang memandu pers conference mulai besok tim verifikasi quisioner dan searching website badan publik peserta penilaian keterbukaan informasi publik sudah bekerja.

“Insya Allah pada minggu ketiga kita sudah tahu siapa badan publik di 10 kategori tadi masuk 10 besar,”ujar Arif. (rilis: ppid-kisb)