24 Wartawan TV Berburu Kompetensi

oleh -189 views
Ketua IJTI, Jhon Nedi Kambang sebut UKJ TV kerjasama IJTI dengan Dewan Pers. (foto: dok)

Padang,—Tercatat 24 jurnalis televisi berburu kopetensi di Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) TV Jumat sampai Minggu, di Grand Inna Padang.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dewan Pers dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI). UKJ TV ini merupakan kegiatan pertama di Sumatera Barat. Fokus tujuan adalah aktivitas jurnalistik televisi.

“Alhamdulillah Sumbar salah satu daerah yang ditunjuk IJTI dan Dewan Pers dalam melaksanakan UKJ ini, ini kesempatan langka bagi anggota IJTI, dan peserta tidak dipungut biaya,” jelas Ketua IJTI Sumbar, John Nedy Kambang.

Secara teknis, UKJ TV ini berbeda dengan UKW, karena materi yang diujikan adalah segala hal berkaitan tentang televisi, mulai dari proses perencanaan liputan, hingga penayangan.

“Kerja jurnalis TV jelas berbeda dengan jurnalis dari cetak, online maupun radio, karena spesifikasi tersebut, maka materi yang diujikan tentu saja berbeda,” terang John Nedy yang juga jurnalis CNN Indonesia ini.

Jurnalis TV di Sumbar yang mengikuti kegiatan ini seperti Juhardio Anse (Indosiar), Arset Kusnadi (SCTV), Bonar Harahap dan Afriyandi (Metro TV), Dasrul (Padang TV) dan sejumlah jurnalis TV lainnya.

“Juga ada 3 jurnalis dari perwakilan IJTI Jambi yang ikut,” sambung John Nedy.

Kegiatan ini akan dibuka oleh Ketua IJTI Pusat, Yadi Hendrayana. Sementara sejumlah penguji juga berasal dari IJTI. (rilis: ijti)