30 Mahasiswa Dilibatkan Pelatihan Kewirusahaan TNA

oleh -578 views
UNP dan Kemendesa PDTT latih 30 mahasiswa berwirausahaan di pedesaan, Jumat 23/3 di UNP Aietawa Padang (foto: humasunp)

Realisasi MoU UNP-Kemendes PDTT

Padang,—Universitas Negeri Padang (UNP) dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendesa PDTT) pada 8 September 2016 lalu telah menandatangani kerjasama.

Untuk merealisasikan MoU itu, Jumat-Sabtu 23-24/3, sebanyak 30 mahasiswa UNP mengikuti Tranining Need Analaysis (TNA) yang difasilitasi Kemendesa PDTT melalui Balai Latihan Masyarakat Pakanbaru.

Bertempat di Lt IV Hospitality UNP, Jumat malam, pembukaan pelatihan TNA kerjasama Kemendesa PDTT cq BLM Pekanbaru dengan UNP dihadiri Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemendesa PDTT, Anwar Sanusi Phd.

“Kemendesa PDTT, terus berupaya menggali potensi dan jenis usaha yang dijalankan oleh mahasiswa, karena bagaiamana pun mahasiswa di masa datang diharapkan akan mengelola usaha ekonomi di pedesaan secara mandiri,”ujar Anwar Sanusi.

Didampingi Wakil Rektor IV UNP Prof. Dr Syahrial Bakhtiar dan Ketua Forum BUMDes Indonedia, H Febby Dt Bangso, Anwar Sanusi meng-share pengetahuan dengan 30 orang mahasiswa wirausaha UNP plus peserta workshop Penyusunan Buku BUMDes Sukses.

Anwar Sanusi memaparkan Akademi Desa 4.0 yg akan dilaunching di Balai Pelatihan Kemendes di Jogja pada perayaan Hari Pendidikan Nasional 2 Mai 2018 mendatang.

“Kami yakin ekonomi perdesaan akan lebih baik jika mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi usahanya, maka atas nama Menteri Desa PDTT Pak Eko Putro Sandjojo dan kita semua saya buka kegiatan TNA untuk mahasiswa Sumatera Barat ini,” ujar Anwar Sanusi.

Sementara itu, Prof Syahrial Bakhtiar mengucapkan banyak terimakasih atas dorongan Kemendesa PDTT dalam memberdayakan mahasiwa dan UNP juga turut berpartispasi dalam memotivasi mahasiwa ikut andil dalam lomba menulis dana desa yg mecapai 3867 judul artikel dan ini juga akan diumumkan pada hari pendidikan nasional.

Sebelumnya Kepala BLM Pekanbaru, Adhtiawarman melaporkan kegiatan pelatihan TNA untuk mahasiswa Sumbar diikuti sebanyak 30 orang mahasiswa yang telah memiliki usaha. Nara sumber dalam kegiatan TNA ini adalah Sekretaris Balilatfo Kemendes PDTT, Abdulllah, SE, M.Si dan peneliti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Prof Dr Lili Ramli serta Kepala Bidang Program Puslatmas Kemendes PDTT, Ismimintarti.

Semua rangkaian kegiatan TNA yang menyemengati kewirausahaan pada zaman milenial ini berjalan dengan lancar, karena menggunakan metode partisipatif dalam proses pembelajaranya.

Bahkan Abdullah, memberikan doorprize tunai saat peserta lebih responsif dalam interaktifnya. (agusmardi/humasunp)