Padang Panjang Miliki Potensi Luar Biasa untuk UMKM

oleh -28 views

PADANG PANJANG,— Kota Padang Panjang memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu dikatakan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano saat membuka acara Talk Show Interaktik UMKM yang menjadi rangkaian Malam Anugerah URC (UMKM Review Contest) Award 2021, di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Sabtu (25/9) siang.

Disebutkannya, dengan luas daerah yang kecil, tidak memungkinkan Kota Padang Panjang memiliki usaha besar, seperti industri berskala besar. Namun untuk jenis usaha berskala menengah ke bawah, Kota Padang Panjang memiliki potensi yang sangat luar biasa dan sangat mudah untuk dikembangkan. Apalagi Kota Padang Panjang dikatakan sebagai kota persinggahan.

“Sekarang UMKM ini banyak menjadi sasaran untuk berbisnis, dan UMKM ini sudah banyak menguasai pasar nasional maupun internasional. Kita berharap kepada semua pelaku UMKM dapat belajar dan termotivasi, serta dapat melihat peluang-peluang untuk lebih mengembangkan usahanya,” ujar Wako Fadly.

Fadly juga menyebutkan, ada program yang akan dijalan yaitu Rumah Wirausaha. Ini digunakan untuk mengawal UMKM yang ada di Kota Padang Panjang lebih kurang selama enam bulan, agar lebih berkembang dan bersinergi lagi dalam menjalankan usaha.

“Dengan adanya URC yang juga memfilter UMKM beberapa minggu ini, bisa direkomendasikan untuk mengikuti program Rumah Wirausaha yang mana di tahun 2022 akan mengambil 40 UMKM,” tuturnya lagi.

Fadly juga mengapresiasi dan berterima kasih setinggi-tingginya kepada URC dan Papase (Padang Panjang Semesta) yang telah bekerja sama menjalankan program ini. “Kita juga berharap URC sebuah pergerakan anak muda yang peduli terhadap UMKM tidak hanya berguna untuk Padang Panjang, juga untuk Sumatera Barat serta nasional. Dan juga bisa berkembang menjadi komunitas yang bersumbangsih terhadap pembangunan nasional,” tutupnya. (shintia/kominfo)