oleh -204 views
oleh
204 views
Kreatitif, di Pessel kini ada Odong-Odong Laut apa itu? yuuukkk silahkan ke Pantai Carocok Painan. (dok)

Pesisir Selatan — Odong-odong biasa dikenal sebagai hiburan anak-anak, menyerupai kendaraan yang terdiri dari sepeda mini yang disusun dan dikendalikan dengan alat tertentu sehingga bisa bergerak.

Serta dilengkapi dengan suara musik yang keluar melalui speaker. Namun, itu adalah odong-odong yang biasa ada di perumahan atau di pinggir jalan.

Yang ini, odong-odong berbeda, sama halnya dengan perahu menggunakan premium sebagai bahan bakarnya dan hanya bisa dikendarai di laut atau di kawasan perairan di kawasanan caracok painan.

Dan masyarakat sekitar menyebutnya sebagai odong-odong laut. Odong-odong laut ini bisa anda temui di kawasan wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan

Adalah Luken (17), seorang pengemudi odong-odong laut, mengungkapkan, sebenarnya itu adalah kendaraan layaknya perahu, dengan susunan kursi untuk para penumpang dan dilengkapi dengan rompi pelampung Masyarakat sekitar pun menyebutnya odong-odong.

“Odong-odong atau perahu ini maksimal untuk 10-20 orang. Bahan bakar yang digunakan hanya bensin saja, yang jelas kami melayani pengunjung dengan sekali putaran,” ungkap Luken sambil menunggu pengunjung yang datang, Minggu 15/5-2022..

Saat weekend maupun hari libur nasional, Odong-Odong laut memasang tarif sebesar Rp 10-20 ribu per orang. Penumpang akan dibawanya mengeliling pantai Carocok Painan dengan menikmati Mesjid Terapung Samudera Ilahi, Pulau Batu Kereta dan Pulau Cingkuak dengan panjang perjalanan dari titik start kurang lebih sejauh 500 meter

Luken tak bekerja sendiri, dirinya dibantu sang ayah Andi. Saat beroperasi, Luken mampu meraih untung sekitar Rp 500 ribu, namun saat libur Lebaran seperti sekarang dirinya bisa meraih pendapatan sekitar Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta.

“Kendaraan ini ada pemiliknya, jadi setiap pendapatan hanya bisa memperoleh sekitar Rp 500 ribu. Seperti kemarin yang ramai, sehari saya memperoleh Rp 800-1 juta” tutur pria yang sehari-harinya bekerja sebagai seorang sekuriti tersebut. (*rg)