8 Anggota DPR Terpopuler Asli Chaidir, Hermanto Jauh

oleh -1,544 views
Peneliti Senior Spektrum Pokitika Andri Rusta menyampaikan fakta survey lembaganya, Asli Chaidir terpopuler, Alex Indra Lukman pemilik pemilih loyal tertinggi dan Hermanto jauh dari populeritas. (foto: dok)

Padang,—Survey Spektrum Politika awal Februari lalu memaparkan secara kuantitatif dan angka popularitas penerimaan dan keterpilihan anggota DPR RI.

Menurut Peneliti Senior Spektrum Politika Andri Rusta, pihaknya men-‘shoot’ 8 anggota DPR RI asal Dapil Sumbar satu dengan daerah survey Kota Padang.

“Hasilnya, delapan (8) Anggota DPR RI itu yang paling populer adalah Asli Chaidir dan yang paling tidak populer Hermanto,”ujar Andri Rusta memaparkan kepada media ini, Senin 5/3.

Hasil survey Spektrum Politika awal Februari lalu.

Sedangkan untuk penerimaan pemilih juga begitu serta elektabilitas tetap Asli Chaidir paling tinggi dan Hermanto paling rendah.

“Tapi kalau diukur dengan persentase antara penerimaan masyarakat dan keterpilihan, dari 8 anggota DPR RI, Dapil Sumbar 1, Pemilu awal Februari lalu, yg paling tinggi Alex Indra Lukman,”ujar Andri.

Spektrum Politika menamakan hasil survenya Peta Politik Kota Padang Menjelang Pemilu 2019, sampel diambil dengan cara Multi Stage Random
Sampling.

Jumlah responden sebanyak 1.221 orang
dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar 2,9 persen.Alex disukai 7,9 persen pemilih.

“Dari 7,9 persen itu, 57 persen akan memilih Alex, artinya setengah orang yang kenal dan suka dengan Alex  tetap memilihnya,”ujar Andri.

Dari survey Spektrum Politika itu kata Andri Rusta, hanya ada dua Anggota DPR RI yang punya angka efisiensi diatas 50 persen.

Sementara kalau dilihat angka kesukaan yang paling disukai itu adalah Syuir Syam, dari 14,2 persen yang kenal, terntata 54,2 persen suka dengan Syuir Syam. (rian)