9 Kuliner Lamak Bana Kota Pariaman

oleh -252 views
Kota Pariaman selain view pantai dan persawahan jangan lupa dengan kuliner piaman nan lamak bana koaa. (foto: dok/facebook @yulia)

Pariaman, — Minggu besok ke Kota Pariaman yukkk, view laut oke dan makanan khasnya hhmm lezat lamak bana koa..semya di kota dengan Walikotanya Genius Umar itu.

Ini loh, sembilan kuliner lamak bana Kota Pariaman, dikutip dari facebook @Yulia di share akun facebook @buyung lapau.

1. Katupek Gulai Paku

Katupek Gulai paku dan sala lauak cukup mudah ditemui di warung-warung sepanjang jalan Kota Pariaman. Rasa gurih santan yang berpadu dengan pedas cabai serta segarnya sensi asam yang berasal dari buah kandis.

2. Teh Talua  adalah minuman yang terbuat dari kuning telur ayam kampung atau telur itik dengan tambahan gula pasir yang telah dikocok menggunakan lidi atau kocokan telor, Lalu dicampur dengan rebusan air teh yang mendidih.

3. Sate Piaman adalah sate berkuah merah yang terbuat dari tepung beras yang dicampur kaldu daging, cabe merah dan bahan–bahan lainnya. Selain berkuah merah, sate piaman memiliki cita rasa yang kuat, dan kuahnya yang kental.

4. Sala Lauak 

Sala lauak adalah makanan yang terpopuler di Kota Pariaman. Kudapan ini terbuat dari tepung dan ikan asin yang di haluskan, serta tambahan bumbu seperti daun bawang, cabe merah dan bahan – bahan lainnya.

5. Nasi Sek 

Nasi sek merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang, seukuran kepalan tangan. Nasi sek biasanya disajikan dengan aneka hidangan laut seperti sala lauak, sala cumi yang rasanya sangat renyah serta tersaji bersama gulai ikan karang.

6. Pokat Kocok 

Minuman pokat kocok merupakan minuman yang terbuat dari buah alpukat yang dihancurkan secara kasat dengan sendok. Pokat kocok juga memilki varian yang dicampur dengan sirup ataupun dengan ice cream.

7. Katupek Lamak 

Katupek lamak adalah salah satu jenis ketupat di Sumbar. Katupek lamak sangat enak di santap dengan kuah sambalado.

8. Gulai Tunjang 

Gulai tunjang adalah jenis makanan berkuah kuning kental dengan bahan kaki sapi. Biasanya hanya kulit kaki sapi yang dipakai bersama tulang lunak. Gulai tunjang ini memiliki cita rasa pedas yang gurih serta makin nikmat saat disantap bersama sepiring nasi hangat .

9. Gulai Kapalo Ikan

Gulai kepala ikan merupakan menu makanan yang banyak diminati oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman. Gulai Kepala ikan disajikan dengan kuah kuning.(own)

 

#kuliner #kulinerhits #ayokepariaman #thesunsetcityofindonesia #pesonaindonesia #cullinary #art #tasteofpadang