Selalu Diperhitungkan Perbankan Nasional, Bank Nagari Peroleh 2 Anugerah dari Infobank

oleh -728 views
oleh
728 views
Direktur Bank Nagari Ir. Restu Wiryawan.,M.M terima pengharagaan dari Majalah Infobank, Kamis 25 Agustus 2022 di Jakarta. (hms-bn)

Jakarta –– Bank Nagari yamg menjadi perbankan kebanggaan urang awak di mana pun berada. Tahun ini kebangaan itu semakin mengental dan pekat.

Dua yamg membuat Bank Nagari membanggakan urang awak itu, yakni 2021 mebukukan laba bersih Rp 416 miliar. Kedua di penilaian dan analisa majalah Infobank membuktikan Bank Nagari menjadi bank yang masuk pusaran diperhitungkan dunia perbankan nasional.

Seperti anugerah digelar Majalah Infobank bertajuk Infobank Awards, pada Kamis, 25/8-2022 sekaligus menjadi tahun ke-27 pemberian apresiasi kepada perbankan tanah air.

27th Infobank Award 2022 memberikan anugerah kepada 45 lembaga perbankan yang diklasifikasikan berdasarkan kelas modal inti (KBMI), dan beberapa anugerah atas prestasi khusus yang berhasil ditorehkan, dan Bank Nagari termasuk dari 45 pebankan di Indonesia ynag masuk kategori penilaian Majalah Infobank.

27th Infobank Award2 2022 didasari oleh Rating 107 Bank versi Majalah Infobank tahun 2022 hasil riset independent Biro Riset Infobank (BiRI). Riset penilaian kinerja pada rating kali ini dilakukan berdasarkan data laporan keuangan tahun penuh 2021 yang menerapkan lima tahapan besar dalam menentukan peringkat dan predikat.

Pertama, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan perbankan dan kebijakan regulator, serta pencapaian perbankan secara industri.

Kedua, mengumpulkan laporan keuangan bank-bank, yang terdiri atas neraca dan rugi laba selama dua tahun, serta laporan GCG dan profil risikonya. Ketiga, memasukkan skor GCG dan profil risiko serta mengolah angka-angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan.

Tahap selanjutnya, dikutip dari rilis majalah infobank, BiRI mengelompokkan bank-bank sesuai dengan kelompok modal inti, mulai dari KMBI 4 sampai dengan 1. Dan tahapan terakhir, pemberian notasi akhir untuk memberikan predikat dan pemeringkatan setelah index nilai terkumpul.

Kriteria penilaian yang diterapkan Biro Riset Infobank hampir sama, bahkan lebih berat daripada kriteria yang digunakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bila penilaian kesehatan bank versi regulator hanya mengacu pada profil risiko, GCG, rentabilitas, dan permodalan, pada kesempatan ini Biro Riset Infobank menambah kriteria-kriteria lain seperti efisiensi dan pertumbuhan.

Direktur Biro Riset Infobank sekaligus Pemimpin Redaksi Majalah Infobank, Eko B. Supriyanto mengatakan bahwa industri perbankan perlu tetap berhati-hati pada masa yang tidak menentu saat ini. Walaupun kondisi ekonomi domestik sudah mulai pulih, namun masih dibayangi kondisi ekonomi makro.

“Sinyal resesi di dunia menguat dan bisa menular sampai ke Indonesia dengan 3 persem probabilitas menurut data Kementerian Keuangan,”ujar Eko.

Krisis kesehatan juga belum sepenuhnya selesai. Pada masa yang tidak pasti ini, di mana sektor perbankan sedang berupaya menjaga likuditas dan mengatur siasat atas kenaikan tingkat suku bunga kredit, bank turut dihadapkan oleh kemunculan debitur-debitur sontoloyo dengan finansial mumpuni yang lari dari kewajiban kreditnya dan mengatasnamakan restrukturisasi, bahkan berani melaporkan bank ke penegak hukum.

“Standar operasi yang ketat, diimbangi dengan selektif memilih calon debitur masih perlu dijaga oleh perbankan saat ini”, ujar Eko di Grand Ballroom Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Second Half Economic Forecasting 2022 diawali dengan Forum Nasional bertajuk “Mewaspadai Signal Resesi dan Debitur Nakal” dengan Keynote Speech Dr. Dian Ediana Rae, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK menypaikan hal terkait Arah Pengawasan dan Kebijakan Perbankan di Tengah Ketidakpastian.

Turut hadir sebagai narasumber forum, antara lain: Dody Budi Waluyo, MBA, Deputi Gubernur Bank Indonesia Bidang Perekonomian Makro yang memberikan pemaparan seputar Kebijakan Moneter dan Makro-prudensial; Darmawan Junaidi, MBA, Direktur Utama PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk dengan pembicaraan terkait Penguatan GCG dan Risk Management Dalam Menghadapi Risiko Resesi; dan juga Kombes Pol. Helfi Assegaf, selaku Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri yang menerangkan perihal Ranah Penyelesaian Hukum pada Kasus Kredit Macet.

Dan Majalah Infobank menyampaikan apresiasi kepada perbankan atas terselemggaranya seluruh rangkaian kegiatan 27th Infobank Award2 2022 yang mendapat dukungan luar biasa dari berbagai pihak, yakni: Bank Central Asia, Bank Sumsel Babel, Bank Multi Arta Sentosa, Bank Sumut, Allobank, Bank Syariah Indonesia, Bank Aceh Syariah, Bank Maluku Malut, Bank Kalteng, bank BJB, Bank DKI, Bank Papua, Bank Jambi, Bank Mestika, Rintis Sejahtera, Bank Nagari, Bank Mandiri, Bank Mega, Bank Kalsel, Bank Sultra, Bank Jateng, BTPN Syariah, Mandiri Taspen, BCA Syariah, Bank NTB Syariah, Bank Kalbar, dan Bank BPD DIY.

Ir. Restu Wiryawan.,M.M dengan anugerah dari Majalah Infobank. (hms-bn)

Inilah 45 Bank penerima 27th Infobank Award 2022 berdasarkan hasil Rating Perbankan Versi Infobank 2022:

KBMI 4

BANK MANDIRI (The Best Performance KBMI 4)

BANK CENTRAL ASIA

BANK RAKYAT INDONESIA

KBMI 3

BANK OCBC NISP (The Best Performance KBMI 3)

BANK SYARIAH INDONESIA

BANK CIMB NIAGA

BANK TABUNGAN NEGARA

PERMATA BANK

BANK BTPN

BANK MEGA

KBMI 2

BANK BJB (The Best Performance KBMI 2)

BANK DKI

BANK JATENG

BANK WOORI SAUDARA INDONESIA 1906

BANK BTPN SYARIAH

KBMI 1

BANK ACEH SYARIAH (The Best Performance KBMI 1)

BANK MANDIRI TASPEN

BANK SULSELBAR

BANK SUMSEL BABEL

Anugerah Majalah Infobank. (hms-bn)

BANK NAGARI

BANK SUMUT

BANK BPD BALI

BANK PAPUA

BANK JAMBI (The Best of The Best with The Highest Index Score)

BANK KALBAR

BANK MESTIKA

BANK PEMBANGUNAN KALTENG

BANK SULTRA

BANK SULTENG

BANK BPD DIY

BANK NTB SYARIAH

BANK MEGA SYARIAH

BANK BCA SYARIAH

BANK NTT

BANK LAMPUNG

BANK NATIONAL NOBU

BANK SULUTGO

BANK INDEX SELINDO

BANK SAHABAT SAMPOERNA

BANK MAS

BANK BPD KALSEL

ALLO BANK INDONESIA

BANK MALUKU MALUT

BANK BISNIS

BANK BENGKULU

PENGHARGAAN KHUSUS

BANK BNI (The Fastest Stock Value Growth Bank 2022)

BANK DIGITAL BCA (The Best Risk Management Bank During 2019 to 2021)

BANK BERPREDIKAT SANGAT BAGUS SELAMA 25 TAHUN (Crown Trophy)

BANK JAMBI

BANK BPD DIY

BANK WOORI SAUDARA INDONESIA 1906

BANK BERPREDIKAT SANGAT BAGUS SELAMA 20 TAHUN (Diamond Trophy)

BANK BTPN

BANK BPD BALI

BANK RAKYAT INDONESIA

BANK SULSELBAR

BANK JATENG

BANK BJB

BANK KALBAR

BANK BENGKULU

BANK SULTRA

BANK CENTRAL ASIA

BANK OCBC NISP

BANK BERPREDIKAT SANGAT BAGUS SELAMA 15 TAHUN (Titanium Trophy)

BANK MANDIRI

BANK LAMPUNG

BANK PEMBANGUNAN KALTENG

BANK BISNIS

BANK INDEX SELINDO

BANK BERPREDIKAT SANGAT BAGUS SELAMA 10 TAHUN (Platinum Trophy)

BANK MANDIRI TASPEN

BANK SULTENG

BANK MESTIKA

BANK BCA SYARIAH

BANK BERPREDIKAT SANGAT BAGUS SELAMA 5 TAHUN (Golden Trophy)

BANK BTPN SYARIAH

BANK MEGA

BANK NAGARI 

BANK MALUKUMALUT

BANK DKI

BANK SUMUT

BANK SUMSEL BABEL

(adr/hms-bn/ib)