Inilah 16 Parpol Lolos Pemilu, Ditetapkan KPU Sumbar

oleh -1,257 views
oleh
1,257 views
Pleno KPU Sumbar nyatakan 16 Parpol lolos verifikasi sebagai Parpol peserta Pemilu 2019, Minggu 11/2 di Grand Inna Padang. (foto:dok)

Padang,—KPU menggelar Rapat Pleno dihadiri Bawaslu Sumbar, untuk menetapkan Parpol lolos Pemilu 2019 di Sumbar, Minggu 11/2 di Hotel Grand Inna Padang.

Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Partai Politik Dan Calon Peserta Pemilu Tahun 2019, KPU Sumbar mengundang seluruh partai politik yang lolos verifikasi oleh tim KPU ditingkat provinsi, kabupaten dan kota, Bawaslu juga ikut bertanggung jawab atas proses pengawasan

Penyerahan berita acara kepada partai yang lolos verifikasi oleh KPU Sumbar dibuka oleh ketua KPU Amnasmen

“Ada empat item yang penting dalam verifikasi yaitu kepengurusan, status ketua sekretaris dan bendahara dan 30 persen keterwakilan perempuan dan keberadaan kantor dan yang paling penting lagi bagai mana dukungan anggota yang diverifikasi oleh KPU,”ujar Amnasmen pada Rapat Pleno Terbuka KPU Sumbar tadi.

Dan hasil pleno menetapkan 16 Parpol dinyatakan memenuhi syarat (MS) mengikuti Pemilu 2019.

Inilah 16 Parpol hasil pleno terbuka KPU Sumbar tadi.

Partai PAN, Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Keadilan Persatuan Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Nasdem, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Persatuan Indonesia.

Selanjut hasil verifikasi Parpol lolos di Sumbar, menurut Komisioner KPU Sumbar Nurhaida Yetti diteruskan ke KPU RI.

“Hasil hari ini kita teruskan ke KPU RI, dan bagaimana hasil Parpol se Indonesia, menjadi kewenangan KPU RI menetapakannya pada 17 Februari mendatang,”ujar Yetti.

Meski pleno terbuka tapi dari semua Parpol yang diundang. “Tiga Parpol tidak hadir yakni Partai Demokrat,PKB dan Gerindra,”ujar Amnasmen.(wanteha)