Bersama Kemenparekraf, BPPD dan Dispar Sumbar Siap Sukseskan WIES 2023

oleh -190 views
oleh
190 views

Padang— Sesuai arahan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno tentang Provinsi Sumatera Barat yang akan menjadi tuan rumah World Islamic Enterpreneur Summit (WIES) pada 2023 mendatang, Kemenparekraf bersama Dinas Pariwisata Sumbar, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumbar dan stakeholder terkait mengadakan workshop Penyelenggaraan Event Mice guna meramu perencanaan dan mengumpulkan ide sebelum membuat konsep pelaksanaan event WIES yang akan digelar bulan Agustus 2023.

Workshop diikuti oleh berbagai OPD dan stakeholder di Sumbar yang terkait erat dengan mice internasional seperti Kepala Dinas Tanah Datar Hendri Agung Indrianto, KADIN Sumbar, TPP Sumbar, HIPMI, PHRI dan lain lain.

Dipandu oleh narasumber Kadispar Sumbar Luhur Budianda, Ketua BPPD Sumbar , Sari Lenggogeni, Lutfi Ilham Derajat dari Karma Wi Bangga EO dan Vera Damayanti – Stafsus Kemenparekraf/ PR dan Praktisi Event, Kamis (8/12) di Hotel Truntum, Padang.

“Dalam upaya membangun citra daerah Sumbar sebagai tuan rumah event internasional, kita duduk bersama merancang strategi komunikasi dan media secara berkala hingga terwujud suksesnya event WIES 2023”. ujar Vera.

Dan menurut Vera point paling penting adalah bagaimana menggaet media sebagai sarana komunikasi promosi untuk menggaungkan event ini hingga ke seluruh dunia.

“Salah satu penentu suksesnya event itu ada di media dimana kita harus jauh sebelum hari H sudah bisa mem-booming-kan video video pendek yang di sebar di sosmed jadi perlu penetrasi media mulai pre event, pas event dan pasca event.” tutur Vera.

Ketua BPPD Sari Lenggogeni memaparkan “konsep awal WIES dimana Sumbar harus menjadi inisiator lahirnya Forum Pusat Pengusaha Islam Dunia melalui WIES ini. dan WIES adalah event yang diinisiasi Menparekraf saat pelantikan bppd atas permintaan kita di bppd ” ujar nya

Adapun yang diangkat dalam event WIES adalah kuliner, fashion, kryad, arsitektur minangkabau dengan 5 wonderfull yakni people, culture, kulinary, nature dan B to B (business to business)

Sebagai penutup Kadispar Sumbar Luhur Budianda menegaskan dalam eksekusi nya nanti yang akan melakukan ‘action’ nya adalah BPPD Sumbar dan Dispar sebagai ‘orkestra’ nya

“Mohon kolaborasi kita bersama untuk sukseskan ivent internasional WIES ini mendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah Sumbar” tutup Budi. (monsis)