AIBRHUB Australia-Indonesia Kembangkan UMKM Pariwisata Di Masa Krisis Dan Bencana

oleh -18 views

Padang–Australia-Indonesia Business Resilience Hub: Tourism Thriving and Capability Building merupakan program untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pariwisata dalam merespon krisis dan bencana dengan gerakan bersama para partner lokal dan internasional.

Program ini bertujuan untuk mendukung Usaha Mikro Keci dengan tantangan yang semakin kompleks, dan peluang yang tersedia semakin kompetitif,  para pelaku UMKM harus mengembangkan system thinking, dan lebih proaktif menghadapi kemajuan teknologi, dan berinovasi.

Untuk itu AIBRHUB merupakan hub untuk berkolaborasi dan membantu pelaku untuk  membangun kemampuan adaptasi, ketangkasan, dan ketahanan industri pariwisata Indonesia. AIBRHUB juga menjadi ruang pertukaran ilmu untuk memperkuat semangat kolaborasi dan inovasi.

AIBRHUB juga bertujuan untuk mengembangkan Hub untum Australia-Indonesia Business Resilience.

AIBRHUB memiliki serangkaian kegiatan seperti online training & hybrid workshop dengan menghadirkan 20 pembicara professional dan kredible dari Australia dan Indonesia, business resilience story telling dan awards, serta mentorship bagi para pemenang oleh mentor berpengalaman dari Australia dan Indonesia, dengan target utama UMKM Pariwisata Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Barat.

Australia Indonesia Business Resilience Hub (AIBRHUB) merupakan program grant Australia Indonesia dibawah Departement of Foreign Trade & Affair, Pemerintah Australia yang dimenangkan oleh tim University Queensland dan tim Universitas Andalas.

Program yang didesain oleh yang kerjasama tim The University of Queensland, Australia dan tim Tourism Development Center– Universitas Andalas, serta mitra konsultan global EarthCheck yang merupakan kelompok penasihat pariwisata yang diakui secara global, QTIC Australia, ASITA dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Adapun tim AIBRHUB terdiri dari :
Dr Jie Wang – The University of Queensland, Australia (Director for AIBRHUB Australia)
Dr Sari Lenggogeni – Tourism Development Center, Universitas Andalas (Director for AIBRHUB Indonesia)
Dr Donard Games – Tourism Development Center, Universitas Andalas
Assoc Prof Yunxia – The University of Queensland, Australia
Dr Futu Faturay – Kemenkeu RI
Dr (Cand) Whendy Pam – The University of Queensland, Australia
Ms Lara Klestov – The University of Queensland, Australia.

Program ini didesain kerjasama oleh  tim The University of Queensland, Australia dan tim Tourism Development Center– Universitas Andalas, serta mitra konsultan global EarthCheck yang merupakan kelompok penasihat pariwisata yang diakui secara global, QTIC Australia, ASITA dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. (**)