Aih aih, Dewi Bahari Piaman Pikat Dua Kementerian

oleh -268 views
Wako Pariaman Genius Umar terus fokus kerja lobi kementerian, padahal namanya saat ini jadi Cawagub dengan Cagubnya Irjen Pol Fakhrizal. (foto: dok)

Jakarta,—Kota Pariaman terus melecut realisasi Program Pembangunan Kawasan Pesisir Kota Pariaman. Bahkan Wako Pariaman Dr H Genius Umar sangat getol meyakinkan kementerian terkait di Jakarta. Malah Dewi Bahari piaman mampu memikat dua kementerian kok bisa gitu?

Program ini terkait pemberdayaan beberapa desa yang dinamai Desa Wisata (Dewi) Bahari.
Konsepnya, kata Wako Genius Umar, beberapa desa di kawasan pesisir Kota Pariaman, disiapkan sebagai destinasi wisata tanpa mengalihkan mata pencaharian kepala keluarga di desa ini yang tetap sebagai nelayan.

“Penataan kawasan nelayan Desa Wisata (Dewi) Bahari akan dilakukan oleh kementrian PUPR, sedangkan pelatihan warga dan pembangunan SDM desa wisata bahari akan dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujar Genius yang maju sebagai Balon Wagub Sumbar mendampingi Irjen Fakhrizal dari jalur perseorangan.

Selain itu, lanjut Genius, pemerintah daerah juga berperan sejak menyusun perencanaan dan koordinasi program lintas kementrian.

“Dengan DEWI ini maka akan mendukung percepatan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata. Pastinya, program ini akan berdampak luas pada peningkatan penghasilan masyarakat,” jelas Genius.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dirjen Pengelolaan Kawasan Laut Kementerian Perikanan dan Kelautan, Dr Aryo Hangona mendukung Program Kota Pariaman dalam membangun bidang kelautan dan perikanan.
Dukungan itu disampaikan Aryo dalam pertemuannya dengan Walikota Pariaman Dr Genius Umar, Rabu 4/3. Dalam pertemuan yang berlangsung di ruangan kerja Aryo tersebut, Wako Genius memaparkan terkait pengelolaan dan pengembangan kawasan pesisir kota Pariaman, pengembangan kawasan pulau Pariaman, pengembangan konservasi wisata penyu serta Pengembangan ekonomi kerakyatan kelautan.

“Intinya, kita mengusulkan pada Pak Drjen program-program yang telah kita rancang untuk pembangunan dan pemanfaatan kawasan laut Kota Pariaman. Pertemuan ini sekaligus follow up dari pembicaraan saya dengan Menteri KKP beberapa waktu lalu,” ujar Genius.(rls: hms)