AKBP Cepi Noval Gagas Program ‘Mancaliak Dunsanak’

oleh -81 views
Program Mancaliak Dunsanak upaya Cepi Noval rangkul masyarkat bersama ciptakan Kamtibmas di Pessel, Jumat 11/10 (foto: dok/prdn)

Painan,—AKBP Cepi Noval tak asing lagi oleh masyarakat Sumbar, apalagi video viral dan doalog di Hitam Putih ddngan anak penjual onde-onde tak lekas dilupakan publik.

Kini, Kapolres Pessel ini pun menggagas program yang sarat kearifan lokal yaknj “Mancaliak Dunsanak”.

Lewat program ini Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Cepi Noval, S, ik blusukan ke Masjid yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, untuk bersillahturahmi serta menyampaikan pesan-pesan Kamtibnas pada masyarakat, tokoh masyarakat, dan generasi muda.

Progam Mancaliak Dunsanak digelar setiap hari Jum’at, semenjak dilantik sebagai Kapolres Pessel, Cepi Noval telah mengunjungi dua Masjid. Kali ini, Jum’at 11/10 Kapolres Pessel mengunjungi Masjid Raya Painan.

Menurut Cepi Noval, sesuai nama Mancaliak Dunsanak, tentu sarat bersillahturahmi sebagai bagian dari masyarakat baru di Kabupaten Pesisir Selatan.

Di hadapan penggurus Masjid, tokoh masyarakat serta para ulama, menuturkan, di Polres Pesisir Selatan ada 4 kejahatan atau perkara cukup menonjol, pertama 3 C yaitu Curat, Curas dan Curanmor, Asusila, Narkoba dan Lakalantas.

“Mari bersama kita ciptakan situasi Kamtibnas di lingkungan kita masing-masing,”ujar Cepi.

Untuk menekan itu semua, Jajaran Polres Pesisir Selatan tidak akan bisa melakukannya sendiri, peran aktif dari seluruh elemen masyarakat juga penting, dalam rangka ikut menciptakan situasi Kamtibnas.

Dan sebelum memberikan contoh pada orang lain, Cepi menekan pada perwira yang ada di Polres Pessel agar selalu melaksanakan sholat berjamaah 5 waktu di dalam sel tahanan.

Hal ini diharapkan nantinya, para tahanan setelah menjalani hukuman bisa sadar dan tidak mengulang perbuatanya di kemudian hari.

“Pendekatan secara persuasif, dan kekeluargaan akan dikepedapankan, selain upaya preventif,”ujar Cepi. (prdn)