AKIP SUMBAR 2022 Pimpinan Badan Publik dan Kepala Daerah Mulai “Merapat” ke Truntum Padang

oleh -208 views
oleh
208 views
Wal

Padang — Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumbar menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (AKIP) 2022, di Hotel Truntum, Padang, Senin (12/12) siang.

AKIP Sumbar 2022 yang menjadi penyerahan pengakuan terhadap badan publik dalam bentuk sertifikat predikat Informatif ini, dijadwalkan dihadiri  Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah diwakili Asisten III Setdaprov Sumbar.

Selain dihadiri langsung Gubernur Mahyeldi, sebanyak 15 kepala daerah di provinsi itu juga dijadwalkan akan hadir, sejak pukul 13.00 Wib terlihat di ruang utama acara, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerjaanx  Bupati Pasaman Benny Utama, Walikota Padang Panjang Fadly Amran dan Bupati Solok Selatan H Khairunas, Sekda Tanah Datar Iqbal, Sekda Pessel Mawardi Roska dan Sekda Kota Bukitinggi Martias Wanto.

“Siang ini kita umumkan di AKIP Sumbar 2022, dan ini menjadi the last AKIP bagi KI periode 2019-2023,” kata Ketua Panitia Monev KI Sumbar 2022, Arif Yumardi.

Dia mengatakan, 400 lebih badan publik menyerahkan kuesioner isian mandiri yang menjadi penilaian tahap satu dan dua, serta 100 lebih diverifikasi faktual oleh tim KI Sumbar.

“Hasilnya, 24 badan publik pada 9 kategori berhasil memperoleh predikat Informatif. Siapa saja? Mari kita tunggu sebentar lagi,” ucap Arif.

Arif berujar, ada 9 kategori dalam AKIP 2022 ini, di antaranya OPD Pemprov Sumbar, Pemkab dan Pemko se-Sumbar, Pemerintahan Nagari, BLUD/BUMNag dan BUMD.

Selanjutnya ada juga instansi vertikal, Perguruan Tinggi Swasta (PTS), SMA/MAN sederajat, KPU kota dan kabupaten, serta Bawaslu kota dan kabupaten.

Selain penyerahan hasil monitoring dan evaluasi (monev) badan publik, AKIP Sumbar 2022 juga menganugerahi 11 tokoh pimpinan badan publik BUKA Award.(adr/rey)