Alasan Mengapa Korupsi Disebut Kejahatan Luar Biasa

oleh -1,882 views
oleh
1,882 views
Sity Luthfiana Aisyah (dok)

KORUPSI telah menjadi duri daging dalam upaya negara menyejahterakan rakyat dan membangun perekonomian di dalamnya. Karena sifatnya sangat merusak. Dengan status ini negara-negara memperlakukan korupsi dengan sangat serius karena dianggap sangat berbahaya.

Korupsi dianggap kejahatan yang luar biasa karena merugikan masyarakat secara menyeluruh. Praktik korupsi merusak keadilan, memperburuk ketidaksetaraan dan merugikan pembangunan ekonomi serta sosial.

Selain itu, dampaknya dapat berlangsung jangka panjang,menciptakan lingkungan di mana integritas,transparansi, dan kepercayaan publik sulit untuk tumbuh.

Bahaya korupsi di Indonesia dengan kejahatan luar biasa lainnya yaitu terorisme, penyalahgunaan narkotika, atau perusakan lingkungan berat.Berikut adalah beberapa alasan mengapa korupsi dianggap kejatahan luar biasa:

Korupsi Memyebabkan Kerusakan yang Besar dan Meluas

Alasan utama mengapa korupsi disebut kejahatan luar biasa adalah karena daya rusak yang besar. Korupsi pada berbagai sektor telah menyebabkan kerugian negara yang masif.

Korupsi adalah kejahatan sistematik,karena dilakukan secara sistematik, kompleks dan terencana oleh penyelenggaraan negara. Korupsi sistematik terjadi ketika semua pihak di sebuah negara biasa melakukannya, mulai dari tataran terendah hingga posisi tinggi di pemerintahan.

‘’Korupsi disebut juga kejahatan kerah putih karena yang melakukannya bukan hanya mereka yang punya kekuasaan,tetapi juga orang pintar,dengan pengetahuan yang luar biasa di sektor-sektor tempat mereka berada.

Korupsi Mengancam Ketertiban Dunia
Sebuah kejahatan dianggap luar biasa karena mengancam ketertiban dunia dan memberikan dampak negatif terhadap kemanusiaan.

Menyadari fakta in,negara-negara bersatu melawan korupsi dengan menerbitkan konvens PBB Melawan korupsi atau United Convention Against Corupption –UNCAC.Indonesia meratifikan UNCAC pada 18 April 2006 melalui UU Nomor 7 tahun 20006 bersama dengan 145 negara lainya.
Mengatasi korupsi dengan cara-cara yang luar biasa

Karena korupsi kejahatan yang luar biasa,amka diperlukan juga cara-cara yang luar biasa untuk mengatasinya.aisyah mengatakan cara yang luar biasa untuk mengatasi korupsi membutuhkan political will dari pemerintah. Pembentukan KPK sendiri adalah wujud dari upaya luar biasa pemerintah dalam memberantas korupsi.

Upaya mengatasi korupsi melibatkan kombinasi langkah-langkah yang umumnya diambil melibatkan penguatan lembaga anti-korupsi, peningkatan transparansi dalam pemerintah, reformasi hukum,dan pendidikan masyarakat tentang bahaya korupsi. Sanksi yang tegas terhadap pelaku korupsi juga penting untuk menciptakan efek jera.Kerjasama internasional dalam mengurangi korupsi juga perlu untuk menangani praktik ini yang seringkali melibatkan lintas batas. (analisa)

Oleh: Sity Luthfiana Aisyah
Dari: Universitas Baiturrahmah Padang