Allhamdulillah, Rp 5 Miliar Sudah Dikucurkan untuk Nagari Panampuang

oleh -526 views
Sekjend Kemendes PDTT Anwar Sanusi bersama Staf Khusus Mendes PDTT Febby Dt Bangso lakukan panen sayuran hidroponik di Nagari Panampuang, Minggu 17/3 (foto: ka/ nagaripanampuang)

Agam,—Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi sebagai lembaga teknis pelaksana amanat UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa tidak hanya mengucurkan Dana Desa saja, tapi juga bagaimana bertanggung jawab agar pengelolaan Dana Desa tersebut terkelola dan tepat sasaran penggunaannya di Nagari.

Salah satu yang dilakukan adalah berupaya mendampingi desa atau nagari dalam pelaksanaanya. Pada Minggu 17/3 bertempat di halaman Kantor Nagari Panampuang, Kementerian Desa dan PDTT dan Jajaran BNI 46 mengadakan silaturahmi dengan masyarakat Nagari Panampuang, rombongan tersebut dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Desa dan PDTT Anwar Sanusi didampingibStaf Khusus Mendes sekaligus ketua Forum BUMDes Indonesia Febby Dt Bangso.

Rombongan disambut oleh Walinagari dan jajaran perangkat, Ketua Bamus dan anggota serta seluruh lembaga nagari, tokoh masyarakat, juga terlihat menyambut Tenaga Ahli P3MD-PID Provinsi Sumbar Tan Rajo Khairul Anwar.

Sekjend Kemendes PDTT Anwar SanusiĀ  mengatakan saat ini Pemerintah Pusat sangat fokus membangun indonesia dari pinggiran yaitu Desa atau Nagari.

“Ini dibuktikan dengan sudah banyak dana desa yang disalurkan ke seluruh desa di Indonesia dan sudah banyak infrastruktur dasar yang dibangun dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan, khusus untuk Nagari Panampuang kita telah kucurkan dana desa hampir Rp 3,5 M sejak tahun 2015,”ujar Anwar Sanusi.

Tidak itu saja ada program strategis tambahan untuk Nagari Panampuang atas arahan langsung Presiden seperti program Pilot Inkubasi Inovasi Desa Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) dengan anggaran Rp 1.5 M.

“Untuk program ini hanya 100 desa yang ditunjuk di Indonesia sebagai pilot projec-nya. Ditambah lagi program bantuan BUMNag sebesar Rp 50 juta. Kita berharap seluruh masyarakat dapat bersama-bersama mengawasi pelaksanaan dana desa tersebut,”ujar Anwar Sanusi disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir di sana.

Walinagari Panampuang Zulhendra, S.HI mengakui kalau untuk Nagari Panampuang Kementrian Desa sudah banyak mengucurkan program.

“Pada kesempatan ini saya dan mengucapkan terima kasih atas bantuan pemerintah pusat, apalagi Panampuang kita juga dipercayai untuk mengelola program PIID PEL, BUMNag dan Juga bantuan media Hydroponic sayuran dari Balatmas Kementerian Desa. Serta Nagari Panampuang juga diamanahkan menjadi Desa Model, penetapan Nagari Panampuang sebagai Desa Model telah dilaksanakan terlebih dahulu penilaian oleh Tim Penilai Kemendesa pada bulan November 2018 yang lalu,”ujar Zulhendra.

Khusus kunjungan Kementerian Desa ke Panampuang pada hari ini diakui Walinagari sebuah kebanggaan anak nagari.

“Terus terang tidak banyak desa yang dikunjungi oleh Kementerian Desa. Kami berharap kepada Kementerian Desa untuk terus memdampingi serta mengarahkan program-program yang ada di Kementerian untuk Nagari Panampuang. Tentu semua itu tidak akan bisa terlaksana tampa ada dukungan dari semua pihak. Termasuk dunia perguruan tinggi. Saat ini Nagari Panampuang merupakan binaan dari Unversitas Negeri Padang, Universitas Andalas dan Politeknik Negeri Padang,”ujar Walinagari.

Sementara, Staf Khusus Mendes PDTT Febby Datuak Bangso yang juga dipercaya sebagai ketua Forum BUMDes Indonesia sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan Pemerintah Nagari Panampuang.

“Kita akan berupaya terus membantu dan mendampingi serta mengarahkan program-program unggulan dari Pemerintah Pusat ke Panampuang,”ujar Febby.

Tak hanya meninjau bahkan saat kehadiran Sekjend Kemendes PDTT, Nagari PanampuangĀ  melakukan panen perdana sayuran hidropnik.

Tan Rajo Khairul Anwar mengatakan melajunya Nagari Panampuang dalam menjawab program pemerintah pusat melalui Kemendes PDTT tidak lepas dari rasa banagari masyarakat di sini.

“Sinergistas aparatur nagari dengan masyarakat membuat program dari pusat selalu sukses di Panampuang, termasuk adanya ruang untuk berinovasi bagi kemajuan Nagari Panampuang,”ujar Tan Rajo.

(rilis: nagari-panampuang)