Allhamdulillah Sutan Riska Sah Jadi Bupati Kedua Kalinya

oleh -139 views
Sutan Riska dma Dt Labuan dilantik Mahyeldi, sejak Jumat 26 Februari 2021 sah menjadi pemimpin Kabupaten Dharmasraya. (foto: dok/hmsdms)

Dilantik Mahyeldi Bersama Wabup Dasril Panin Dt Labuan

SUTAN Riska Tuangku Kerajaan Jumat 26 Fenruari 2021 kembali sah menjalankan tugas kepala daerah Dharmasraya untuk periode kedua kalinya.

Sutan Riska dengan Dasril Panin Dt. Labuan (SR-Labuan) resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya Periode 2021-2024, di Istana Gubernur Sumatera Barat. Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah.

Selain pasangan Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya, pada kesempatan itu Gubernur Sumbar juga turut melantik kepala daerah pemenang kontestasi Pilkada 2020, dari 10 kabupaten dan kota lainnya yang ada di Sumbar. Yakni Kota Solok, Kota Bukittinggi, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, menyampaikan selamat kepada segenap kepala daerah yang baru saja dilantik.

Sutan Riska tanda tangani memori jabatan saat dilantik Jumat 26/2 di Padang. (foto: dok/hmsdms)

“Semoga amanah yang telah diberikan kepada saudara dapat dilaksanakan sebaik-baiknya, demi kemajuan daerah masing-masing dan Provinsi Sumatera Barat yang akan datang,” ujar Gubernur.

Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, lanjut Mahyeldi, kepala daerah harus siap melangkah bersama untuk melanjutkan ujian berikutnya yang lebih berat lagi. Yakni mewujudkan janji-janji untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di daerah masing-masing.

“Kini saatnya saudara berjanji bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap rakyat di seluruh pelosok wilayah saudara bisa merasakan kehadiran layanan pemerintahan dalam kehidupan sehari-hari,” tandas Gubernur.

Sementara itu, terpisah, acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya juga turut disaksikan secara virtual oleh segenap unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Ketua KPU Dharmasraya beserta anggota, Kepala Perangkat Daerah, Anggota DPRD dan sejumlah tokoh masyarakat, dari Padang Convention Center Hotel Inna Muara Padang.
Penetapan Sutan Riska-Datuk Labuan sebagai pasangan terpilih, berdasarkan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dharmasraya, Senin 28 Desember 2020.

Ketua KPU kabupaten Dharmasraya, Maradis, MA didampingi anggota dan Plh. sekretaris KPU, Ismet Arif memaparkan bahwa dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sah, pasangan petahana Sutan Riska-Dasril Panin Dt.Labuan berhasil mengalahkan pasangan Panji Mursyidan-Yosrizal dengan perolehan suara 63,62 persen.

Sutan Riska Tuangku Kerajaan kembali untuk periode kedua menjadi Bupati Dharmasraya, Jumat 26/2 (foto: dok/hmsdms)

“Berdasarkan rekapitulasi penghitungan suara sah, pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut 2 Sutan Riska Tuanku Kerajaan-Dasril Panin Datuk Labuan mendapat suara terbanyak yakni 71.590 suara dari 112.524 suara sah. Pasangan ini unggul jauh atas pesaingnya pasangan Panji Mursyidan-Yosrisal yang hanya mendapat suara sebanyak 40.934 suara,” jelas Maradis

Fakta dokumentasi hingga syarat legal formil dan materil, Sutan Riska yang juga Raja Koto Besar itu kembali terpilih sebagai bupati Dharmasraya untuk periode kedua.

Ketua KPU juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, masyarakat pemilih, tim sukses termasuk kawan-kawan wartawan yang memberikan dukungan positif.

“Alhamdulillah Pilkada serentak berjalan dengan lancar dan aman di kabupaten Dharmasraya. Padahal banyak pihak memprediksi proses pemilihan suara di Dharmasraya bakal berjalan tegang dan berpotensi rusuh,” tambahnya.

Maradis juga menjelaskan bahwa, KPU Dharmasraya mendapat apresiasi dari KPU provinsi Sumbar sebab tingkat pemilih di kabupaten Dharmasraya termasuk nomor 2 tertinggi. (advetorial/grp)