Amankan Malam Takbiran dan Lebaran, Perintah Kapolres Lakukan Tindakan Tegas

oleh -120 views
oleh
120 views
Kapolres Dharmasraya pimpin apel pengamanan malam takbiran, Jumat 21/4-2023. (hmspolres)

Dharmasraya,— Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, SIK memimpin apel pengamanan takbiran hari raya Idul Fitri 1444 H, di halaman Mesjid Agung Dharmasraya Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Kamis 21/4-2023.

Kegiatan apel persiapan pengamanan malam takbiran ini di hadiri oleh Forkopimda, Sekda Adlisman, S.Sos, M.Si, Ketua DPRD Pariyanto,S.H, Dandim 0310/SS diwakili Mayor Caj (K) Tuti Andayani, Komandan Batalyon C Dharmasraya Kompol Encep Hendri, S.H dan Waka Polres Kompol Andri Nugroho, S.E.

Apel diikuti seluruh personel Polres, TNI, personil Brimob Batalyon C, BPBD, Sat Pol PP dan Dishub Kabupaten Dharmasraya.

Dalam amanatnya, Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah, S.IK menyampaikan, apel ini merupakan bagian dari kegiatan pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2023.

“Pengamanan malam takbiran hari raya Idul Fitri 1444 h di wilayah hukum polres dharmasraya. perayaan hari raya idul fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, bersilahturahmi dengan keluarga serta sahabat dengan cara mobilisasi mudik pulang basamo yang melintasi jalinsum kabupaten dharmasraya mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya serta adanya tradisi masyarakat kita melaksanakan kegiatan perayaan malam takbiran di wilayah kabupaten dharmasraya,”ujar AKBP Nurhadiansyah.

Pengamanan kegiatan masyarakat pada saat malam takbiran terdapat kata Kapolres adanya potensi kerawanan yang harus kita antisipasi, konvoi- konvoi kendaraan baik roda dua dan roda empat serta balap liar eforia masyarakat menyambut malam takbiran dengan penggunaan petasan dan kembang api dan takbir keliling dan pawai obor dengan menggunakan jalan utama lintas sumatera kabupaten dharmasraya.

“Dampak dari kegiatan tersebut menyebabkan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas baik kepada pengguna jalan bahkan masyarakat yang sedang melakukan mudik lebaran yang melintas di wilayah kita untuk itu dibutuhkan peran serta dan kerjasama kita bersama dalam menjaga harkamtibmas dan kamseltibcarlantas aman dan kondusif,”ujarnya.

Untuk mendukung semangat dalam pelaksanaan tugas ada beberapa yang harus dipedomani di antaranya niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

“Kedua laksanakan tugas pengamanan kepada masyarakat dengan tulus, ihklas dan penuh rasa tanggung jawab. ketiga tingkatkan kewaspadaan dan kesiapan diri sehingga bisa merespons secara cepat manakala terjadi peristiwa dan kejadian yang mengganggu aktifitas masyarakat,”ujar AKBP Nurhandiansyah.

keempat kata Kapolres Dharmasraya ini, optimalkan peran Bhabinkamtibmas dan fungsi intelijen dengan lakukan penggalangan dan himbauan kepada tomas, toda dan nink mamak agar bersama sama ciptakan situasi keamanan yang kondusif pada malam takbiran.

Kelima lakukan tindakan tegas terukur terhadap pelaku kejahatan yang membahayakan masyarakat dan petugas. Keenam wujudkan sinergi kerjasama dan soliditas stakeholder terkait guna keberhasilan pelaksanaan pengamanan malam takbiran agar dapat berjalan lancar, aman dan terkendali.

“Pengamanan ini merupakan bentuk komitmen Polri, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat melaksanakan pawai obor dalam merayakan malam takbiran Idul Fitri 1444H,” kata Kapolres.

AKBP Nurhadiansyah juga menekankan kepada para personel agar melaksanakan tugas dengan ikhlas, profesional, proporsional, humanis dan penuh rasa tanggung jawab.

“Serta meningkatkan kewaspadaan dan melakukan deteksi dini terhadap potensi gangguan kamtibmas yang ada di masyarakat,” sambungnya.

Lebih lanjut, terkait kegiatan takbir keliling, Kapolres mengizinkan kegiatan tersebut, namun dengan catatan kegiatan takbir keliling dilakukan di wilayah masing-masing

Ia juga mengimbau agar peserta takbir keliling tetap mematuhi tata tertib berlalu lintas.

“Hal ini demi menjaga amannya situasi Kabupaten Dharmasraya pada malam takbiran,” pungkasnya. (eek/hmspolres)