Anak Kena Bullying Bisa Gawat, Mahasiswa KKN UNAND Sosialisasikan Anti Bullying

oleh -306 views
oleh
306 views
Mahasiswa KKN Panampuang bekali siswa sekolah dasar dengan anti Bullying. (aulia)

Agam,— Banyak cerita dan kisah disuguhkan kepada kita soal anak usia dini kena bullying temannya, bahkan kisah itu miris dan mendatangi duka.

Menyelamatkan anak dari ancaman Bullying ini,harus dilakukan semua kalangan, beruntung ada 26 Mahasiswa dengan baju almamater warna hijau lakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Eng. Budi Rahmadya, M. Eng atau akrab di sapa pak budi.

Mahasiswa tersebut diturunkan dalam program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Andalas di Nagari Panampuang yang dipimpin Wali Nagari Etriwarmon, S.Pd atau yang kerap disapa ” nyiak wali”.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilakukan mahasiswa itu dalam rangka proses penempuh pendidikan Strata 1 (S-1), mengusung tema KKN “Asyik dan Keren”.

Untuk mengantisipasi ancaman bullying kepada anak, mahasiswa KKN UNAND melakukan program sosialisasi Anti Bullying. Mereka yang terbagi menjadi 3 kelompok kecil yang beranggotakan lebih kurang 8-10 orang.

Untuk progam sosisialisasi anti bullying di lakukan oleh Kelompok 3 yang beranggotakan:
Faiz Abdullah
Iqbal Dwi Cahyo
Heru Septria Wahyudi
Aulia Rahmadani
Salsabila Faiha Wiendra Rasya
Fathiya Ufaira
Syinta Permata Baron
Cantika Mudya Azzahra
Rina Aprilia Kinanti
Annisaul Husna

Beberapa program yang telah dilaksanakan yaitu sosialisasi anti bullying yang sebagian besar sasarannya untuk anak-anak di SDN 28 Lundang, Panampuang.

Dengan pertimbangan generasi yang cerdas dan mau menerima perubahan harus diterapkan sejak dini menuju impian Indonesia menjadi generesi maju dengan berkarakter yang kuat, sehat, menyehatkan dalam interaksi alamnya, dan Berperadaban unggul.

Beberapa program diaksanakan banyak mendapatkan respond positif dari berbagai pihak, salah satunya di SDN 28 Lundang.

Kegiatan ini berupa penyuluhan dan sosialisasi perilaku anti bullying sesama teman lingkungan sekolah maupun tidak di lingkungan sekolah, serta edukasi terkait bahaya yang ditimbulkan dari aksi bullying

Sasaran dari kegiatan tersebut adalah siswa dan siswi di Sekolah Dasar yang ada di Nagari Panampuang yaitu SDN 28 Lundang dilaksanakan pada 22 Juli 2023.

Sosialisasi Anti Bullying dilakukan KKN UNAND di Panampuang didasari kurangnya kesadaran dari siswa akan pentingnya perilaku untuk saling menjalin hubungan yang baik. Hal ini dibuktikan dengan ada beberapa indikator dari siswa siswi yang sering menertawakan teman dengan sebutan- sebutan tidak berbudi

Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini membentuk karakter baik dari siswa, guru, beserta warga sekolah untuk lebih peduli sesama dan tidak ada lagi bullying di antara siswa dan yang lainnya.

(report by: Aulia Rahmadani, Mahasiswa KKN UNAND)