Anak Nagari Panampuang Galang Donasi Bantuan Sembako

oleh -99 views
Aksi anak nagari rengkuh dinasi untuk pekerja informasi warga Panampuang terdampak Covid-19. (foto: dok)

Agam,—Berlarutnya pandemi wabah Covid 19 serta pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) apalagi Kabupaten Agam sudah zona merah telah menyebabkan dampak buruk bagi sector perekonomian dan mata pencarian masyarakat.

Paling rasakan dampak ini terutama yang bekerja di sector informal seperti berdagang dipasar, jasa ojek dan sopir serta masih banyak lainnya sector pekerjaan yang berdampak pada pemutusan hubungan kerja.

Menyadari kondisi mereka itu Anak Nagari Panampuang tergabung pada Satuan Tugas Relawan Covid 19 Nagari Panampuang melaksanakan suatu gerakan besar, yaitu penggalangan donasi bantuan pengadaan sembako bagi masyarakat yang terkena dampak serta kehilangan penghasilan akibat wabah Covid 19 serta kaum dhuafa di Nagari Panampuang, yang lingkup besarnya menggalang bantuan dari masyarakat yang dikampuang maupun rantau yang mempunyai kelebihan rezki.

Walinagari Panampuang Zulhendra, S.HI selaku Ketua Satgas yang didampingi Ketua Harian Zahrul Zahman, SH dan Arif selaku Bendahara Satgas menjelaskan bahwa aksi ini adalah suatu terobosan besar yang dilakukan oleh Anak Nagari Panampuang melalui Satuan Tugas Relawan Covid 19 Nagari Panampuang, saat ini banyak masyarakat yang kehilangan penghasilan akibat dampak Covid 19 ini, sementara saat ini bantuan Jaringan Pengaman Sosial (JPS) yang dilakukan Pemerintah Pusat sampai ke Daerah direncanakan belum maksimal menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang terkena dampak wabah ini,

“Alhamdulillah saat ini Nagari Panampuang baru hanya menerima bantuan Beras dan Garam dari Pemerintah Daerah Kabupaten Agam beberapa waktu yang lalu, terkait dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT)Rp. 600.000/KK baik dari Kementerian Sosial, Provinsi sedang menunggu proses pencairan dan penyaluran, sementara untuk BLT yang dianggarkan melalui Dana Desa masih dalam tahap menunggu Dana Desa Tahap II disalurkan Pemerintah Pusat ke Rekening Nagari. Kita akui memang itu belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Nagari Panampuang yang terdampak Covid 19, untuk BLT jumlah masyarakat kita yang mendapatkan hanya 607 KK atau sekitar 30 – 35 % dari jumlah KK Nagari Panampuang yang mencapai 2210 KK. Maka kita cari alternative Jaringan Pengaman Sosial lain, yaitu penggalangan dana melalui masyarakat baik yang dikampung maupun rantau, serta lembaga lainnya,”ujar Zulhendra yang akan mengakhiri Jabatannya sebagai Walinagari Panampuang periode 2014-2020 dalam waktu dekat ini.

Wendi Sastra, salah seorang anak nagari yang berada dirantau yang ikut menginisiasi program Anak Nagari Peduli ini sangat berharap program ini akan berjalan maksimal, tentu butuh dukungan masyarakat dengan saling berbagi dan mendonasikan hartanya untuk jalan kebaikan ini.

Untuk donasi dan bantuan masyarakat bisa menyalurkan melalui Posko Satgas Relawan Covid 19 Nagari Panampuang di Kantor Nagari atau melalui Rekening BRI Nomor 5428-01-014813-53-5, dan setiap bantuan atau donasi akan kita catat dan publikasikan di Posko dan Media Sosial untuk transparansi bantuan kepada para donatur, jelas Arif selaku bendahara Satgas.(rilis: pemnagpnpng)