Anak Sulung Pak SBY, Puji Kuliner Minang Nan Mendunia

oleh
AHY gagah berpakaian adat minangkabau saat berkunjung ke Istano Basa Pagaruyuang, Rabu 20/3. (foto: ayh)

Batusangkar,—Setiap berkunjung ke Sumatera Barat, salah satu yang tidak pernah dilewatkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah kulinernya.

“Sudah pasti, pokoknya setiap saya ke Sumbar, pasti saya selalu menikmati kulinernya. Kuliner Minang ini tak hanya terkenal di seluruh Indonesia, tapi wisata kuliner Minang juga terkenal ke luar negeri, bahkan sudah mendunia,” puji AHY di Tanah Datar, Rabu 20/3.

Bahkan setiap AHY ke luar negeri yang dicari buat isi perut adalah makanan khas minang.

“Saya pasti cari makanan khas Minang untuk membangkitkan selera. Kuliner Minang memang top,” lanjut anak sulung Presiden RI ke 6, SBY, langsung dibalas tepuk tangan riuh seribu lebih masyarakat yang hadir di Gedung Nasional Maharajo Batusangkar.

Pujian AHY itu disampaikan di sela-sela menjelaskan tentang 14 Program Prioritas Partai Demokrat kepada masyarakat dan kader Demokrat yang berasal dari Tanah Datar, Solok, Sawahlunto, Sijunjung dan Dharmasraya.

“Ibu Ani pasti akan iri karena saat ini tidak bisa mencicipi rendang,”canda AHY.

Setiap kali berkeliling Tanah Air menyapa masyarakat, Ibu Ani selalu menyempatkan diri berwisata kuliner, termasuk mencicipi rendang sebagai salah satu makanan kesukaannya. Saat ini Ibu Ani Yudhoyono dirawat di Singapura karena penyakit kanker yang menderanya.

14 Prioritas Partai Demokrat yang diperkenalkan AHY kepada warga Sumbar adalah bentuk komitmen Demokrat untuk memajukan Indonesia.

“Partai Demokrat akan terus memperjuangkan aspirasi rakyat. Kami tidak pandai berjanji tapi kami akan berkerja sepenuh hati, bersama masyarakat Sumbar,” tegas AHY.

Kepada awak media yang hadir, AHY juga menyoroti permasalahan di sektor pertanian.

“Para petani harus mendapatkan perhatian, dukungan dan bantuan secara lagsung. Akhir-akhir ini banyak pupuk yang sulit didapatkan. Padahal dulu, di masa pemerintahan SBY selama 10 tahun, Partai Demokrat memberikan dukungan penuh agar petani kita dapat terus diperhatikan, termasuk subsidi pupuk, benih, dan bantuan berupa alat-alat yang lebih modern,” kata AHY.

Sebelum mengunjungi Gedung Nasional untuk temu kader dan silaturrahmi, AHY terlebih dahulu dijamu untuk makan siang dengan menu rendang Batusangkar yang tersohor enak di kediaman Ketua DPC PD Kabupaten Tanah Datar Dedi Nurhamdizahari.

AHY didampingi Eka Putra selaku Wakil Ketua Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, yang juga tengah berjuang sebagai Calon Anggota Legislatif DPR RI Provinsi Sumatera Barat. Turut mendampingi AHY dalam kegiatannya adalah Wakil Ketua Kampanye Pemenangan Partai Demokrat Wilayah Barat Nachrowi Ramli, Ketua DPD PD Sumbar Mulyadi, Deputi Operasi Kogasma Partai Demokrat dan Calon Anggota Legislatif Sumbar Rezka Oktoberia, dan para jajaran petinggi DPD dan DPC Partai Demokrat lainnya. (ayh)