Analisis Kebijakan Pemerintah dalam Mengatasi Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak

oleh -1,031 views
oleh
1,031 views
Muhammad Alfarez (dok)

INDONESIA merupakan salah satu negara yang menggunakan transportasi yang cukup besar. Dalam menggunakan transportasi pasti memerlukan bahan bakar bensin.

Pada masa jokowi menjabat sudah 6 kali menaikkan BBM yaitu pada tahun 2014, 2015, 2018, 2022. Jika terus menerus hal ini tidak dapat diatasi maka akan berpengaruh kepada masyarakat miskin atau kurang mampu.

Jika BBM mengalami kenaikan maka akan terjadi inflasi di Indonesia. Inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Pemerintah seharusnya memiliki solusi dari permasalahan tersebut agar bahan bakar minyak dapat dijangkau oleh masyarakat. Jadi artikel ini membahas solusi pemerintah dalam mengatasi kenaikan BBM.

Mungkin sudah ada beberapa solusi yang dimiliki oleh pemerintah yaitu: Bantuan Langsung Tunai (BLT), Bantuan Subsidi Upah (BSU), termasuk ada bantuan Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) yang disalurkan oleh pemerintah daerah.

  1. Bantuan Langsung Tunai

BLT menjadi solusi pemerintah dalam hal ini, karena dapat meringankan beban biaya hidup masyarakat dengan memberikan bantuan finansial dan dari bentuk finansial ini bisa dijadikan menjadi bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Bantuan Subsidi Upah

Merupakan salah satu program bantuan kepada masyarakat akibat pengalihan subsidi BBM. Dimana pemerintah memberikan kepada pekerja/buruh berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu yang di berikan dalam 1 tahap untuk memenuhi kebutuhan hidup sebagai akibat kenaikan harga.

  1. Bantuan dari Kemendagri

Bantuan ini berbentuk EARMARK, yaitu ketentuan yang dimasukkan ke dalam tagihan alokasi pengeluaran diskresionir yang mengarahkan dana ke penerima tertentu.

Dari 3 solusi yang dapat menjadikan kemudahan masyarakat dalam mengalami inflasi BBM, mungkin ada beberapa sisi negatif yang dapat mengecewakan masyarakat salah satunya adanya kesalahan dalam pemberian BLT.

Dimana BLT yang seharusya diberikan kepada orang yang membutuhkan tetapi diberikan kepada orang yang mampu.

Semoga dari 3 solusi ini pemerintah dapat menanggulangi kenaikan harga BBM dan solusi yang diberikan dapat dibagi seadil-adilnya serta tepat sasaran. (analisa)

Oleh : MUHAMMAD ALFAREZ

Mahasiswa Ilmu Politik UNAND