Andalas Business Matching Memperkuat UNAND sebagai Pusat Inovasi

oleh -1,181 views
oleh
1,181 views
UNAND gelar AMB. (dok)

UNIVERSITAS Andalas (UNAND) sangat berpotensi untuk meningkatkan inovasi usaha yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

Hanya saja, selama ini penelitian-penelitian di UNAND  belum dimanfaatkan oleh industri secara maksimal.

Prestasi UNAND yang berkontribusi sebagai penghasil tinta (hasil riset Prof Amri Bakhtiar dkk)  untuk pemilihan umum 2024 bisa menjadi contoh potensi yang begitu besar dimiliki Unand.

Begitupun  contoh penelitian reagen yang diinisiasi oleh Dr Andani Eka Putra dan tim bisa menjadi bukti keandalan hasil penelitian di UNAND.

Namun demikian, masih diperlukan percepatan untuk menjadikan Unand benar-benar tampil sebagai pusat inovasi dan komersialisasi produk berbahan hasil riset berkualitas.

Oleh karena itu, UNAND dipenghujung 2023 ini menghadirkan Andalas Business Matching yang baru pertama kali dilakukan UNAND dan diharapkan bisa menjadi awalan bagi peningkatan skala usaha usaha rintisan maupun perusahaan berbasis teknologi dari Unand.

Andalas Business Matching (ABM) ini  berlangsung pada 19 sampai dengan 20 Desember 2023 di Hotel ZHM Padang (Grand Zuri).

Sejumlah pembicara penting akan hadir, yaitu Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy, Ketua Pusat Inovasi, Konsultan  dari University Science of Malaysia Hafizi Ahmad, Direktur Pusat Bisnis Unand Dr Andani Eka Putra, dan Bupati Solok Selatan Khairunas.

Ketua acara ABM pertama ini Prof Donard Games menegaskan bahwa iven ini bertujuan untuk menjembatani usaha rintisan berbasis teknologi dan inovasi dari UNAND dan segenap pemangku kepentingan yaitu investor (seperti venture capital, investor perorangan/angel investor), dunia industri, pemerintah, komunitas, dan media.

Tambahan pula, sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum, UNAND juga menyediakan layanan dan pusat bisnis yang bisa membantu peningkatan kinerja UNAND secara keseluruhan seperti Pusat Bahasa, Konsultan, Percetakan Unand, Ritel Unand, dan Andalas Residence.

Publik secara terbuka bisa bekerja sama dan mendapatkan layanan berkualitas dari sumber daya manusia Unand yang sudah terbukti berkualitas dan ahli dialam pelbagai disiplin ilmu. 

Dalam perspektif yang lebih luas, ABM ini akan mempercepat capaian inovasi Unand sehingga bisa lebih mampu berkontribusi positif untuk Kedjajaan Bangsa. UNAND adalah pusat inovasi dan kewirausahaan dari Sumatra Barat.

Di masa yang akan datang, Provinsi ini juga bisa menjadi sumber inovator dan pengusaha berbasis teknologi dan inovasi yang bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi tinggi di Sumatra Barat dan bahkan di Indonesia. 

Oleh: Danny Hidayat

Akademisi FEB UNAND