Andrinof A Chaniago, Tokoh Nasional Peduli Nagari

oleh
Andrinof jadi tokoh nasional.Peduli Nagari 2019, Jumat 1/3 (foto: dok)

Padang,—Andrinof A Chaniago bukan nama asing lagi bagi anak nagari di Sumbar, untuk itu diganjar penghargaan sebagai Tokoh Nasional Peduli Nagari oleh Padang TV dalam rangka HUT ke 12, dinilai banyak kalangan pas dan tepat.

Seremonial penghargaan yang berlangsung dari sore hari, Komut BRI tidak sempat ikuti, dikarenakan pesawat yang membawanya mengalami delay dan sempat berputar putar di langit Padang akibat cuaca buruk.

Begitu mendarat, walaupun sudah diinformasikan acara sudah selesai, beliau tetap bersemangat untuk ke lokasi acara di Masjid Baiturrahmah Bypass Padang.

Andrinof merupakan Menteri Bappenas pertama dan nama pertama diumumkanĀ  Presiden Joko Widodo di 2014 lalu. Sebagai tokoh nasional loyalitas Andrinof untuk Sumatera Barat tidak perlu diragukan lagi. Orang dekat Presiden Jokowi ini sangat banyak sumbangsihnya untuk Sumatera Barat.

Juli 2018 bersama enam BUMN mengadakan Gerakan Sungai Bersih di Batang Arau Padang. Gerakan yang dimulai dengan obrolan santai ini menggurita sampai menjadi berita nasional.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya dan Menteri Pariwisata sempat memberikan testimoni singkatnya untuk mendukung acara tersebut. Dari target relawan sebanyak 150 orang akhirnya membludak di angka 3000 relawan yang hadir dari semua instansi.

Mantan Menteri PPN / Kepala Bappenas yang sangat dekat dengan kalangan aktivis dan wartawan ini jugalah yang membawa Presiden Jokowi ke Sungai Nyalo Pesisir Selatan ditahun 2015. Presiden dibuat terpesona, dan memerintahkan Menteri PUPR untuk menbangun jalan baru dari Tarusan Pessel ke Sungai Pisang Padang sepanjang 43 km.

Saat jalan ini selesai akhir tahun kemarin, Komisaris Utama Bank BRI ini menginisiasi event lari bertaraf internasional, BRI Mandeh Run yang dilaksanakan Minggu 3 Maret besok.

Andrinof inisiator lomba marathon internasional pertama di Sumbar, BRI Mandeh Run 2019 (foto: dok)

Event yang hanya disiapkan kurang dari.3 bulan ini tercatat dihadiri oleh ribuan pelari lokal, nasional dan internasional.

“Sungguh luar biasa semangat uda Andrinof untuk membangun Sumbar ini,”ujar wartawan senior di Sumbar Gusfen Khairul, Sabtu 2/3.

Bahkan beberapa hari yang lalu Andrinof di undang khusus Walikota Pariaman Genius Umar untuk memberikan saran dalam meningkatkan pariwisata di kota Pariaman.

Tidak kenal lelah dalam berbagi untuk Sumbar.”Pas, tepat dan kalau ada indikator peniliaan pasti berlebih nilainya semua, sangat layaklah Padang TV memberikan penghargaan sebagai Tokoh Nasional Peduli Nagari 2019 kepada uda Andrinof,”ujar Gusfen. (own/rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *