Anggaran Kerdil, Aset Pemilu Berhujan Berpanas

oleh -551 views
oleh
551 views
Duhh, aset Pemilu kotak suara disimpan di ruang terbuka berhujan di berpanas di KPU Pasaman Barat.(foto: romel)
Duhh, aset Pemilu kotak suara disimpan di ruang terbuka berhujan di berpanas di KPU Pasaman Barat.(foto: romel)

Pasaman Barat,—Ulah anggaran kerdil sehingga tidak memungkinkan untuk sewa anggaran gudang dan perawatan, akibatnya KPU Pasaman Barat terpaksa membiarkan aset Pemilu 2014 berhujan dan berpanas.

Terlihat ratusan kotak suara Pemilu berjemur hujan dan panas lebih kurang selama enam bulan. Komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat Nova indra mengharapkan kotak suara yang berada berada di pekarangan halaman kantor KPU Pasaman Barat ini minimal dijaga tingkat keamanan dan serta ditutup memakai terpal menjelang anggaran untuk gudang ada dan dicairkan.

“Kotak suara Pemilu ini mungkin masih akan dipakai untuk Pemilu Nasional 2019 nanti, jadi kotak suara Pemilu ini harus di amankan agar tidak disalagunakan orang orang yang tidak bertanggung jawab,”ujar Nova Indra saat berkunjung ke KPU Pasaman Barat, Rabu 8/11.

Ketua KPU Pasaman Barat Syafrinaldi mengatakan, kotak suara ini memang sudah lama berada di pekarangan kantor karena tidak adanya gudang dan anggaran di KPU Pasaman Barat.

“Saya sudah mengingatkan Sekretaris KPU Pasaman Barat agar masalah keamanan kotak suara yang jumlahnya sampai ratusan buah itu ditutupi terpal untuk sementara waktu,”ujarnya.

Menurut Syafrinaldi secara kelembagaan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Pasaman Barat agar bisa memberikan lahan atau gudang untuk penyimpanan aset Pemilu yang kini tersusun di ruang terbuka, pekarangan belakang kantor KPU Pasaman Barat.

Sementara itu, Sekretaris KPU Pasaman Barat Syahruddin mengatakan kondisi tidak adanya gudang penyimpanan aset Pemilu ini,  buat sementara terpaksa diletakan.

“Tingkat keamanan pun agak riskan karena kotak ini hanya di letakan di samping halaman kantor, tapi kami akan belikan terpal dan akan lakukan pengamanan full menjelang anggaran untuk sewa gudang bisa dicairkan” ujar syahruddin.(romel)