Anggota Komisi II DPR RI Apresiasi Kinerja Mendagri Untuk Kelancaran Pemilu 2024

oleh -820 views
oleh
820 views
Guspardi apresiasi kinerja Mendagri Tito, Rabu 3/1-2024. (faj)

Jakarta,— Senayan DPR RI memberikan penilaian positif atas kinerja Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sepanjang 2023.

Satu di antaranya yang memberikan apresiasi Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus memberikan apresiasi kepada Tito Karnavian yang juga sebagai pembina kepala daerah seluruh Indonesia.

“Pak Tito sangat intens dan mempunyai perhatian yang luar biasa dalam melaku­kan hal-hal yang berkaitan terha­dap tugas, fungsi dan wewenang yang diberikan Presiden. Salah satu contoh tentang pelaksanaan pemilu serentak 2024,” kata Guspardi, Rabu 3/1-2024.

Menurutnya, pelak­sanaan Pemilu serentak tahun 2024 menghadirkan keru­wetan.

“Masalahnya ada di dalam penataan pemerintahan, siner­gitas antara pemerintah pusat dan daerah, hingga dukungan anggaran untuk pemilu serentak oleh masing-masing kepala, daerah,”ujar Legislator asal Sumatera Barat ini.

Politisi PAN yang kembali maju sebagai caleg DPR RI dapil Sumbar 2 no urut 2 itu mengatakan berbagai langkah strategis dan ber­kat dukungan serta supervisi hingga pendampingan dari Kemendagri, berbagai potensi kekisruhan sistem pemerintahan akibat pemilu serentak dapat di minimalisir.

“Kemendagri di bawah komando pak Tito senantiasa proaktif dan selalu berusaha meningkatkan sinergitas dan pendampingan guna memasti­kan setiap Pemerintah Daerah (Pemda) mengalokasikan angga­ran melalui dana hibah (NPDH) dari alo­kasi belanja yang dimiliki oleh pemerintah daerah,”tegas Guspardi.

Meskipun pada awalnya tidak sedikit kepala daerah enggan mengalo­kasikan dana hibah untuk kelan­caran pemilu ini dengan berbagai dalih.

“Tetapi berkat koordinasi dan sinergitas dengan kepala daerah kemudian diikuti dengan keluarnya
Surat Edaran (SE) dari Kemendagri serta dilakukannya pendampingan, akhirnya semua (Pemerintah) provinsi, kabupaten dan kota, sudah menetapkan besaran dana hibah (Pilkada) sesuai ara­han Mendagri,” ulas Pak Gaus biasa Guspardi disapa di DPR RI.

Tentunya, kata Guspardi memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Mendagri Tito yang juga sebagai pembina kepala daerah di seluruh Indinesia.

*Sehingganya semua daerah telah mengalokasikan dana hibah untuk kelancaran pelaksanaan pemilu 2024,”ujar Guspardi Gaus yang juga anggota Baleg DPR RI tersebut.(faj)