Antisipasi Perlambatan Ekonomi, Lanyalla Ajak Pengusaha Daerah Kreatif

oleh -50 views
Lanyalla ajak pengusaha Jawa Timur start kencang antisipasi perlambatan ekonomi global. (foto: dok/setjen-dpdri)

Surabaya,—-Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Lanyalla Mahmud Mattalitti mengajak para pengusaha di daerah untuk terus berkreasi dan berinovasi di tengah tantangan pelambatan ekonomi.

“Saat ini ekonomi sedang menghadapi banyak tantangan. Di tingkat global, sudah banyak negara yang kelimpungan. Turki dan Argentina resesi. Pertumbuhan Jerman, Inggris, Jepang, Singapura sangat-sangat minim. Perang dagang AS versus Tiongkok belum usai. Kita harus benar-benar bersiap diri,” ujar Lanyalla saat bertemu dengan para pengusaha yang tergabung dalam KADIN dari sejumlah daerah di Jatim, Kamis 21/11 di Surabaya.

Indonesia, sambung Lanyalla, mesti bersyukur karena di tengah tren pelambatan ekonomi dunia, negeri ini masih bisa tumbuh stabil di kisaran 5 persen.

“Saudara-saudara semua sebagai pengusaha punya jasa besar untuk menjaga dan memakmurkan negeri ini. Saya mengajak para pengusaha untuk terus giat berkreasi agar semua sektor tetap bergerak untuk menghadapi tantangan ekonomi global,” ujar Lanyalla.

“Jangan mundur, jangan lelah, pengusaha harus mencintai negeri ini dengan terus berusaha, terus kreatif, agar bisa membuka lapangan kerja dan ikut andil memajukan Indonesia,” imbuh Lanyalla yang juga ketua KADIN Jatim.

Ke depan, sambung Lanyalla, DPD akan terus aktif mendorong pengusaha-pengusaha daerah untuk berkembang. Yang mikro didorong menjadi pengusaha kecil, lalu menengah, dan pada akhirnya berhasil menjadi pengusaha skala besar.

“Ayo bersinergi dengan pemerintah. Pengusaha daerah harus maju. Jangan takut berkompetisi dengan korporasi yang lebih besar. Pokoknya asal kita mau dan bekerja keras, pengusaha daerah pasti bisa go national, bahkan go international,” kata Lanyalla yang meraup lebih dari 2 juta suara warga Jatim pada pemilu 2019 lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Lanyalla berdiskusi gayeng dengan para pengusaha daerah. Ia berjanji akan memperkuat kolaborasi DPD dan pengusaha daerah.

“DPD adalah rumah besar bagi seluruh rakyat dari Aceh sampai Papua, termasuk di dalamnya ada penggerak dunia usaha. Maka apa yang menjadi aspirasi pengusaha daerah, tentu akan diperjuangkan DPD,” pungkasnya.(*rilis: setjen/dpdri)