APBD Sumbar Siap KucurkanTop Banget, HM Nurnas Ungkap Rp 7,3 M Bantu Pelaku Usaha Mikr

oleh -63 views
Nurnas sebut ada Rp 7,3 M untuk pelaku udaha mikro di APBD Perubahan 2020, Rabu 30/9 (foto: dok)

Padang,– Anggota Badan Anggaran (Banggar) Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar dan kader senior Partai Demokrat ungkap kegitan pro rakyat di APBD Perubahan Sumbar tahun 2020.

“APBD Sumbar perubahan 2020 sangat peduli terhadap pelakunusaha nikro yang terdampak pandemi covid-19 dalam berusah memenuhi ekononi keluarga,”ujar HM Nurnas Rabu 30/9 ditemui di ruang kerjanya Komisi I DPRD Sumbar.

Besaran APBD Sumbar untuk pelaku usaha mikro siap dikucurkan Oktober sampai Desember 2020 itu kata HM Nurnas Rp 7.3 miliar rupiah.

“Rp 7,3 miliar siap dikucurkan setelah APBD Perubahan efektif dilaksanakan dan kucuran untuk pelaku usaha mikro itu dikemas di program pinjaman melalui Bank Nagari. Setiap pelaku usaha mikro mendapat pinjaman maksimal sebesar Rp 3 juta,”ujar Tokoh Keterbukaan Informasi Publik 2019 ini.

Pinjaman untuk pelaku usaha mikro yng dikoordinir oleh Bank Nagari kata HM Nurnas satu dari beberapa program Pemprov Sumbar untuk pemulihan ekonomi masyarakat sebagai jawaban atas instruksi pemerintah pusat.

“Walaupun ditujukan untuk menggairahkan ekonomi, pihak perbankan, ┬átidak akan dirugikan. Sebab bunga atau keuntungan yang semula dibebankan kepada masyarakat, untuk program ini ditanggung oleh APBD provinsi.┬áJadi tidak ada yang dirugikan, masyarakat diberikan pinjaman dengan bunga yang sangat rendah, bahkan di bawah bunga KUR,” ujar Nurnas.

Program pemulihan usaha mikro ini kata Nurnas, ditampung dalam APBD perubahan. Penetapan APBD-P dilakukan Rabu 30/09. Jika sudah ditetapkan maka masyarakat dapat mengajukan pinjaman tersebut ke pihak Bank Nagari, setelah ada evaluasi dari Kemendagri.

“Kami harap Bank Nagari siap untuk menjalankan program ini,” ujar anggota Fraksi Demokrat itu. (tm/ko)