Apel Siaga Bencana BWS Sumatera V, Sekdako Padang : Mari Kita Tingkatkan Kesiapsiagaan Bencana!

oleh -1,355 views
oleh
1,355 views
Apel Siaga Bencana bersama Satuan Tugas (Satgas) Bencana Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V di Kantor Workshop BWS Sumatera V, Jalan Banjir Kanal No.1, Selasa (28/11/2023). (/ist)

Padang, – Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar hadir mengikuti Apel Siaga Bencana bersama Satuan Tugas (Satgas) Bencana Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V di Kantor Workshop BWS Sumatera V, Jalan Banjir Kanal No.1, Selasa (28/11/2023).

Bertindak sebagai Pembina Apel yakni Kepala BWS Sumatera V Muhammad Dian Al Ma’aruf. Hadir sejumlah pimpinan OPD terkait di Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan unsur Forkopimda Kota Padang.

Andree Algamar menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bukti atensi dan langkah aktif semua pihak terkait dalam kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang kita menyambut baik dan berterima kasih kepada BWS Sumatera V Padang yang menginisiasi pelaksanaan apel siaga bencana ini. Kita tahu Sumbar khususnya Kota Padang memiliki potensi berbagai bentuk bencana alam. Tentu perlu kesiapsiagaan pemerintah dan unsur terkait mengantisipasinya,” imbuh Andree yang didampingi Kepala BPBD Kota Padang Hendri Zulviton kepada tekan pers.

Sementara itu dalam amanatnya sebagai Pembina Apel, Kepala BWS Sumatera V Padang Muhammad Dian Al Ma’aruf menyebutkan, kesiapsiagaan bencana memang harus dilakukan secara berkala termasuk menyiapkan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana.

“Kesiapan kita dan juga masyarakat menentukan besar dan kecilnya risiko serta dampak bencana yang akan terjadi. Maka itu kita dari BWS Sumatera V Padang akan siap siaga. Seperti saat ini menyikapi musim penghujan dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Sumatera Barat,” katanya.

Lebih lanjut ia menambahkan, apel siaga bencana tersebut merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan BWS Sumatera V Padang dalam menyikapi ancaman bencana khususnya di Kota Padang. Terutama sekali menyiapkan kesiapan peralatan dan personil.

“Kita sudah menyiapkan tambahan armada berupa mesin pompa banjir. Sebelumnya kita punya satu unit sekarang kita tambah menjadi tiga unit. Selain itu upaya pengadaan perahu kecil serta berbagai peralatan terkait lainnya.”

“Kita sangat berharap senantiasa terjaganya kerjasama dan kolaborasi dari semua pihak bersama BWS Sumatera V. Sehingga pekerjaan dalam upaya penanggulangan bencana semakin mudah dilakukan,” tutupnya. (***)