Api Porprov XV Sumbar Diambil di Nagari Terindah di Dunia

oleh -551 views
Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi menyerahkan api Porprov Sumbar XV kepada Kadis Pora Sumbar Adib Alfikri disaksikan Bupati Padang Pariaman Ali Mukni dan Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim di Nagari Tuo Pariangan Tanah Datar, Sabtu 17/11.(foto: fantau)

Batusangkar,—Api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Sumatera Barat yang akan berlangsung di Kota Padang Pariaman pada 19 sampai 28 November 2018, diambil dari nagari terindah di dunia Nagari Tuo Pariangan, Kecamatan Pariangan, Tanah Datar.

“Pengambilan api pekan olahraga di Sumbar selalu dilaksanakan di Nagari Tuo Pariangan dimana nagari ini ditetapkan menjadi nagari terindah di dunia. Api yang sumber dari alam tersebut menjadi semangat kebersamaan baik atlet olahraga maupun masyarakat,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Adib Alfikri mewakili gubernur saat acara pengambilan api Porprov di Nagari Tuo Pariangan, Sabtu 17/11.

Adib menyebutkan semangat kebersamaan tersebut menjadi ikatan kekeluargaan bagi para atlet dan masyarakat nagari yang akan terus berkibar selama pelaksanaan Porprov.
Ia mengharapkan semangat kebersamaan tersebut tetap bergelora di tengah masyarakat terutama para atlet dengan menjunjung sportifitas dan menghindari perbuatan tidak terpuji dalam merebut medali.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan pengambilan api Porprov XV di Nagari Tuo Pariangan.

Ia berharap kontingen Tanah Datar dapat menjaga marwah daerah dengan meraih medali sebanyak mungkin, namun tetap menjujung sportifitas.
“Kekuatan kita adalah kebersamaan, keyakinan dan semangat untuk memperbaiki peringkat, selain itu juga dukungan dari seluruh warga Tanah Datar baik dirantau maupun di kampung halaman,” katanya.

Ia meminta atlet Tanah Datar mampu memperbaiki peringkat diajang yang sama dua tahun lalu di Kota Padang yang memperoleh peringkat ke-8.

“Maka Porprov di Padang Pariaman ini hendaknya mampu meraih satu tingkat lebih baik, dan bila mampu masuk lima besar, maka kita akan memberikan bonus lebih tinggi dari sebelumnya,” kata Irdinansyah.

Pengambilan api Porprov XV di Nagari Tuo Pariangan diawali dengan acara pasambahan kato adat oleh tokoh adat di daerah itu.

“Sambah Kato” merupakan prosesi untuk meminta izin dari pemangku adat Nagari Pariangan. Api diambil oleh Pejabat Wali Nagari Pariangan didampingi Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Ketua BPRN.

Api kemudian diserahkan ke Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, selanjutnya kepada Kadis Pora Adib Alfikri dan kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukni selaku tuan rumah Porprov.

Api selanjutnya dibawa oleh pasukan pembawa api Porprov XV bersama Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma untuk diserahkan kepada Walikota Padang Panjang Fadly Amran dan dinapkan di kota tersebut hingga hari pembukaan Porprov XV di Padang Pariaman.

Ikut menyaksikan acara pengambilan api Porprov XV tersebut Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim, Ketua KONI Sumbar Syaiful, bupati dan walikota se-Sumbar. (fantau)