Asisten I Kota Pariaman Buka Forum OPD

oleh -609 views
oleh
609 views

Pariaman — Buka Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pariaman Tahun 2025, Asisten I Pemko Pariaman, Yaminurizal Minta OPD prioritaskan skala pembangunan. Acara yang digelar oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pariaman ini digelar di Aula Balaikota Pariaman, Kamis (21/3/2024).

“Perencanaan pembangunan memiliki peranan penting dalam keseluruhan proses pembangunan, dengan kata lain, keberhasilan  proses pembangunan yang dilaksanakan, banyak ditentukan sejak dari proses perencanaannya yang akan dibahas pada Forum OPD ini,” ujar Asisten I Pemko Pariaman, Yaminurizal, ketika memberikan sambutan membuka Forum OPD ini.

Dirinya juga mengatakan bahwa kegiatan yang kita laksanakan ini mempunyai peranan penting, karena merupakan lanjutan dari apa yang telah dimusyawarahkan bersama, mulai dari tingkat RT, Dusun, Desa, Lurah sampai Kecamatan.

“Kita semua harus bisa memahami apa yang sudah menjadi tugas kita, dan seluruh OPD harus bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing, lakukan diskusi ini dengan sebaik-baiknya, karena forum OPD ini adalah forum yang sangat strategis untuk mengkaji, menelaah,  dan menganalisa, apa yang telah menjadi program tahun 2025,” tukasnya.

“Kita berharap dengan adanya Forum OPD ini, kiranya kita dapat menyusun rencana pembangunan agar lebih terarah, tepat sasaran, tepat waktu dan dapat bersinergis baik antar sektor, dalam hal menselaraskan program dan kegiatan prioritas pembangunan daerah dengan arah kebijakan, prioritas dan sasaran pembangunan provinsi sampai nasional,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Kota Pariaman, Hendri mengatakan Forum OPD ini adalah upaya sinkronisasi penyelenggaraan pemerintah daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah, ucapnya.

“Melalui Forum OPD ini kita menginginkan rancangan RKPD hasil dari pembahasan yang kita laksanakan hari ini, dapat memuat kerangka anggaran perangkat daerah serta sudah mengakomodir beberapa usulan skala prioritas aspirasi masyarakat sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing OPD,” ungkapnya.

Hendri menjelaskan bahwa output yang diharapakan melalui kegiatan ini adalah dapat merumuskan beberapa kebijakan dan program strategis untuk emmacu dalam mewujudkan tema pembangunan daerah tahun 2025 yaitu “Pemantapan Stabilitas Perekonomian Daerah dan Peningkatan Kualitas SDM yang berdaya saing melalui transformasi tata Kelola yang akuntabel dan inovatif.

Forum OPD ini digelar selama 2 (dua) hari, mulai hari ini, 21-22 Maret 2024, dengan narasumber dari Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Buyung Lapau dan diikuti oleh Staf Ahli, seluruh Kepala OPD dan jajaran, serta Camat se Kota Pariaman. (J)