Awas Carona Virus Ancam Indonesia, Tokoh Travelling Nasional Ingatkan Kemenlu RI

oleh -474 views
Varona Virus Mewabah, Asnawi Bahar minta pihak berkepentingan lakukan pengawasan ketat, Sabtu 25/1 (foto: dok/google)

Jakarta,—Wabah virus corona begitu cepat menyebarnya, beeaaal dari Wulan China, kabar terbaru virus sudah masuk ke Indonesia.

Tokoh Travelling Nasional Asnawi Bahar memberian peringatan kepada Kemenlu dan pihak terkait tenyang mobilitas orang dari China ke Indonesia atau sebaliknya.

“Virus itu cepat menjalar melewati batas teritorial suatu negara, saya meminta Kemenlu RI dan otoritas berkepentingan lain untuk menerapkan langkah taktis, cepat dan tepat,” ujar Asnawi yang pernah menjadi ketua Umum DPP Asita, Sabtu 25/1.

Kata Asnawi, otoritas ke-bandaraan di Indonesia harus menerapkan pemeriksaan ketat. Dan ada pasien suspect tolong diawasi dan diperiksa kondisinya,”ujar Asna

Bahkan untuk antisipaai penyebaran virus ini. Kemenlu RI sebut Asnawi bisa memulangkan, seperti dilakukan Philipina.

“Terapakan travel Advisory/ kalau perlu travel warning, seperti sikap negara lain,”ujar Asnawi.

Untuk menjaga harmonisasi hubungan Indonesia dan China Kemenlu mesti melakukan segera koordinasi dengan Kedubes China di Indonesia.

“Juga perlu menerapkan pembatasan penduduk Indonesia ke China, apalagi sekarang trafict tinggi karena¬† karna hightseason ke China perayaan Imlek,”ujar Asnawi Bahar.

Dan kata Asnawi pemerintah bisa menghimbau  masyarakat Indonesia berwisata di dalam negeri, terutama ke Sumatera Barat.(iko)