Ayo Fakultas Peternakan Berkontribusi Membangun Sumbar

oleh -568 views
Dis Natalis Fak. Peternakan Unand dihadiri Buya Mahyeldi, Senin 11/10-2021. (dok)

Dr. Lendrawati MSi, Ingatkan Pengusaha Ternak

Padang —H. Mahyeldi Ansharullah mengharapkan kepada Fakultas Peternakan lebih meningkatkan kontribusi dalam pembangunan Sumatera Barat, terutama dalam bidang peternakan.

Buya Mahyeldi sampaikan secata virtual zoom pada Rapat Senat Terbuka Peringatan Dies Natalis ke-58 Fakultas Peternakan, secara virtual Senin 11/10-2021.

Pemerintah Sumbar telah menetapkan pembangunan Sumbar bertumpu pada sektor pertanian yang di dalamnya termasuk peternakan.

Dalam skop yang lebih kecil, Mahyeldi menghimbau agar kebutuhan-kebutuhan hotel di Sumbar harus diisi oleh pengusaha-pengusaha lokal, sehingga efeknya terasa pada masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan.

Pada Dies Natalis ini orasi ilmiah disampaikan Dr Lendrawati SPt, MSi dengan judul makalah ” Tantangan Logistuk Ruminansia Kecil di era 4.0″ ( Minimalkan Stres dan Terapan Kesejahteraan Hewan)

Dr Lendrawati mengingatkan kepada stake holders peternakan agar lebih memperhatikan penerapan kesejahteraan hewan (walfare) dalam menjalankan bisnis dibidang peternakan. Selain dapat memberikan keuntungan maksimal juga mampu meningkatkan kualitas daging yang akan dikonsumsi masyarakat.

Hal itu disampaikan Dr Lendrawati SPt MSi dalam orasi ilmiah pada peringatan Dies Natalis ke-58 Fakultas Peternakan Unand di gedung Convention Hall Limau Manis, Senin pagi.

Orasi ilmiah Lendrawati berpijak pada hasil penelitiannya, bagaimana penting memperhatikan welfare peternakan dalam kaitan transportasi ternak.

Beragamnya potensi peternakan di Indonesia sangat diperlukan managemen dan tekhnis transportasi peternakan, apalagi menghadapi tantangan global di era 4.0.kata Lendra.

Dekan Fakultas Peternakan Dr Adrizal MSi dalam pidato Dies Natalis mengapresiasi orasi ilmiah Lendrawati sangat relevan dengan usaha peternakan hari ini.

Mudah-mudahan orasi ilmiah yang berpijak pada hasil penelitian S.3 di IPB ini bisa diadopsi masyarakat untuk kemajuan dunia peternakan hari ini dan masa datang.

Dalam pidato Dies Dekan menguraikan berbagai prestasi baik dibidang ilmiah maupun bidang SDM dan kerjasama kelembagaan.

Saat ini Faterna sudah bekerjasama dengan berbagai perguruan tinggi di Jerman, Amerika Serikat, Malaysia, Thailand dan negara lainnya. Termasuk juga perusahaan top perunggasan Indonesia, Charoen Phokpan dan Jakfa.

Capaian kenerja Fakultas juga sangat memuaskan.Jumlah dosen yang menyelesaikan S.3 selalu meningkat, begitu juga dengan akreditasi dengan predikat sangat memuaskan.

Peringatan Dies Natalis Unand ini diselenggarakan dalam Rapat Senat Terbuka yang dipimpin Ketua Senat Fakultas Prof.Dr Asdi Agustar.

Rektor Unand diwakili Prof Dr Mansyurdin menyampaikan ucapan selamat Dies Natalis ke-58 kepada Fak.Peternakan.

Sesuai Tema Dies, Menjawab Tantangan Unand sebagai PTNBH, Mansyurdin mengatakan hal yang perlu dilakukan adalah mempercepat akreditasi internasional. Bila ini berhasil akan mengangkat peringkat Unand ditingkat internasional.

Mansyurdin menyebut keberhasilan Fakultas Peternakan dibidang MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka). Ada beberapa program yang sukses magang di perusahaan terkenal di Indonesia, Charoen Phokpan dan PT.MOSA dan Dunia usaha peternakan lainnya.

Hadir dalam acara Dies ini Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah melalui virtual, Deputy Kementerian Investasi dan Penanam Modal RI Ir Yuliot, Wakil Gubernur Ir. Audy Joinaldi MM, MSc dan Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah secara langsung. Selain itu hadir Dekan-Dekan dilingkungan Unand (***).