Ayo re-Branding Seribu Rumah Gadang, Jangan Biarkan Punah

205
Yori Antar (kiri) ajak stak holder pertahankan dan jadikan destinssi unggulan Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan, (foto: nofrins)

Padang,—Yori Antar mengatakan jangan biarkan seribu rumah gadang punah atau berganti dengan bangunan berarsitektur modern hanya karena alasan faktor kemiskinan sebagaimana banyak desa adat di Indonesia yang punah sekarang ini.

“Desa adat di nusantara banyak yabg tergerus oleh perdaban modern, ingat bangsa ini ada karena budayanya, tidak ada karena faktor teknologi seperti Jepang atau ilmu pengetahuan seperti Eropah sana,”ujar Yori usai melakukan penetrasi ke nagari Seribu Rumah Gadang, Sungai Pagu Solok Selatan, Kamis 12/10 di Padang.
Melihat banyaknya rumah gadang di Solok Selatan Yori Antar mengatakan lebih besar dibanding desa adat, Solok Selatan seperti sebuah kawasan kota merebranding supaya mendunia harus ada kolaborasi mendukung antar pemerintah dan masyarakatnya.
“Seribu rumah gadang tepat julukannya kondisi sekarang ada 30 kondisi rumah gadang di sana diambang kepunahan, perlu gerakan bersama untuk mempertahankan rumah gadang itu dari kepunahan atau  kehancuran,”ujarnya.(rilis)
BAGIKAN