Bahas Isu Strategis, Kominfotik Sumbar Gelar Pertemuan Dengan Pemimpin Redaksi

oleh -1,424 views
oleh
1,424 views

Padang–Pembahasan Isu-Isu strategis serta merumuskannya dalam bentuk pengelolaan komunikasi publik pemerintah daerah, menjadi topik utama dalam pertemuan dengan seluruh pemimpin redaksi yang dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy  di Aula Lantai 3 Kantor Bappeda Provinsi Sumbar, Sabtu (25/11/2023).

Acara yang digelar oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Sumbar ini berlangsung hangat dan interaktif, dengan me ghadirkan sejumlah narasumber berkompeten di bidangnya.

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Badan, Kepala Biro dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Pimpinan Lembaga, Pemimpin Redaksi (Pemred) Media Elektronik, Cetak dan Online

Memulai sambutannya, Wagub Audy memberikan apresiasi kepada seluruh insan pers yang ada di Sumatera Barat.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian sumbangsih insan pers dibawah kepemimpinan bapak/ibu pemimpin redaksi yang telah banyak memberikan kontribusi sebagai salah satu pilar demokrasi yang turut berperan aktif mengawal pemerintahan dan pembangunan di Sumatera Barat,” ucap Wagub Audy.

Menurut Wagub Audy Sumatera Barat hampir semua indikator dinilai baik, ekonomi makro atau mikro hingga pembangunan manusia, kemiskinan, stunting, kemiskinan ekstrim, inflasi, ketahanan pangan.

“Sumatera Barat hampir seluruhnya menunjukkan hal yang positif, saat ini di Sumatera Barat pertumbuhan ekonomi naik,  kemiskinan menurun, stunting menurun, pengangguran terbuka menurun, ketahanan pangan meningkat dan berbagai macam hal yang menunjukkan tren positif termasuk dalam pemberitaan tentang hal positif di Sumatera Barat,” ungkap Wagub Audy.

Selain itu tambah Wagub Audy, maraknya isu-isu yang berkembang saat ini, seperti pelecehan seksual, kekerasan terhadap anak, bullying, perundungan, kasus bunuh diri, semuanya mendapatkan pemberitaan yang berimbang dari media.

“Dan kami melihat bahwasanya bapak dan ibu  juga memberikan banyak bantuan dari pemberitaan-pemberitaan yang berimbang, sehingga kami di Pemerintahan Provinsi dan masyarakat Sumatera Barat mendapatkan banyak feedback yang baik,” ujarnya.

Mendekati Pemilu Tahun 2024 ,Wagub menghimbau agar masyarakat Sumatera Barat lebih bijak dalam menjaring isu-isu negatif yang salah satunya ialah isu politik tentang Pilpres dan Pileg.

“Menjelang Pilpres dan Pileg nanti, saya menghimbau agar masyarakat Sumatera Barat untuk bisa memenangkal penyebaran hoax, informasi yang tidak benar yang bisa merusak integritas dan juga proses demokrasi terkhusus di Sumatera Barat,” kata Wagub Audy.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Siti Aisyah, yang bertindak selaku narasumber pada acara pertemuan menyampaikan bahwa sinergi yang dibangun Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan media selama ini sangat baik hal ini dibuktikan, diantaranya seperti merumuskan isu strategis, penyajian berita dan informasi yang akurat serta mengawal kinerja pemerintah.

“Pemerintah Provinsi Sumbar dalam penyebarluasan informasi program prioritas dan kebijakan pemerintah daerah perlu sinergi dan hubungan yang harmonis dengan media,” kata Siti.

Selain itu ungkap Siti Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah melakukan upaya dalam pengelolaan isu-isu strategis seperti pembuatan konten dan penayangan diseluruh media termasuk media luar ruang, sosialisasi dan literasi langsung ke masyarakat serta jumpa pers dengan media. (RYH/ALY/DiskominfotikSumbar)