Banjir Padang Undang Beragam Ciloteh Warga

oleh -742 views
Kondisi rumah warga di Purus direndam banjir Rabu 31/5 (foto : whatshap)
Kondisi rumah warga di Purus direndam banjir Rabu 31/5 (foto : whatshap)

Padang,—Ciloteh terkait peristiwa banjir Padang, pasca guyuran hujan deras sejak Rabu 31/5 dinihari tadi, beragam ada yang prihatin, peduli dan juga ada yang mengkritik pedas.

Sekretaris DPW PAN Sumbar Taslim Chaniago menyikapi kondisi banjir Padang dengan keprihatinan.

“Banjir di Padang memang sudah bagian dari rutinitas kota, dan setiap banjir selalu teringat soal buruknya penataan selokan dan tali bandar maupun sistem drainase kota, tapi begitu banjir susut persoalan tadi pun terlupakan,”ujar Taslim dihubungi via whatshap mesenger, ┬áRabu siang.

Bahkan Taslim tidak simpatik dengan style Wako Padang turun ke lokasi banjir foto dengan anak-anak dan disebar ke berbagai media sosial.

“Sudahlah tak perku setiap banjir Pak Wali begitu, sisa jabatan harusnya benahi hal mendasar, bagaimaba banjir tak menjadi peristiwa rutinitas warga,”ujar Taslim.

Sementara itu, pebisnis nasional Dony Oskaria yang tetap.mengikuti perkembangan banjir Padang menyatakan banjir Padang bukan salah pemerintah.

“Banjir terjadi karena hujan deras berdurasi lama, sistem drainase belum hebat, diperparah kesadaran warga dalam membuang sampah, lihat aja foto-foto yang beredar banyak sampah jadi material dari banjir,”ujarnya.

Dony prihatin dengan kondisi warga yang rumahnya terendam banjir, minta kepada petinggi Dompet Dhuafa Singgalang, Musfi membuka Posko.

“Kita peduli, nanti saya minta kepada kawan kawan di rantau bantu, Musfi buka Posko, minimal membantu ketersediaan untuk berbuka dan sahur warga yang rumahnya terendam air,”uajr Dony.

Sementara Anggota DPRD Padang Aprianto menyayangkan lanbatnya penyelesaian pembehahan drainase Padang.

“Pengerjaannya lambat mestinya Dinas PU bertanggungjawab karena ini tidak kejadian pertama ya,”ujar kader PDI Perjuangan Padang ini.

Sementara penyebab banjir belum ada keterangan remsi dari Pemko Padang, yang jelas beberapa titik banjir sudah didatangi Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah, termasuk meliburkan siswa SMP yang mesti masuk sekolag hari ini. (ruli)