Bank Nagari jadi Syariah, Miko Kamal : Sudah Harus

oleh -285 views
Sesuai filosofi adat basandi syarak syarak basandi kitabullah, saatnya Bank Nagari dikonversi ke syariah, Miko Kamal, Jumat 16/8 (foto: dok)

Padang,—Bank Nagari harus dikonversi menjadi bank syariah. Pasalnya Sumatera Barat itu provinsi yang menganut falsafah ‘adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah’.

Dan Bank Nagari sebagai bank milik masyarakat harus menjalankan prinsip-prinsip syariah dalam operasionalnya. Bank syariah yang ada sekarang memang belum murni syariah.

“Tapi, bank syariah sudah menuju bank yang murni syariah. Semuanya tentu butuh proses, dan proses itu harus segera dimulai,”ujar Akademisi UBH Padang Miko Kamal, Jumat 16/8 di Padang.

Paling tidak kata Miko Kamal, dengan berkonversi menjadi syariah, Bank Nagari mendapatkan legalisasi HALAL dari Majelis Ulama Indonesia yang di dalamnya berkumpul ulama dan ahli yang kompeten dalam kesyariahan.

Jelang RUPS Bank Nagari, Miko Kamal berharap jadi momentum perubahan bank kebanggaan urang awak itu ke penoperasian syariah murni.

“Para kepala daerah yang mewakili daerahnya dalam RUPS harus kompak mensuarakan agar Bank Nagari dikonversi menjadi syariah. Kalau para kepala daerah sudah sepakat, maka direksi harus menjalankannya,”ujar Miko Kamal.(ichobb)