Bawa Produk Unggulan IKM, Dekranasda Kabupaten Solok Ikuti Event Inacraft 2024

oleh -559 views
oleh
559 views

Kab. Solok, – Seperti kita ketahui Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft 2024) merupakan pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara, pameran ini kembali digelar untuk yang ke-24 kalinya, dan dilaksanakan di Jakarta Conventions Center (JCC) Senayan Jakarta, Rabu 28/2-2024.

Dalam hal ini, Dekranasda Kabupaten Solok ikut serta ambil bagian dalam Pameran Kerajinan Tangan dalam Event Inacraft 2024 yang dimulai dari tanggal 28 Februari sampai 3 Maret 2024, serta membawa Produk IKM unggulan Kabupaten Solok.

Inacraft 2024 itu sendiri diikuti oleh sekitar 1.500 Usaha Kecil Menengah (UKM), yang bakal mengisi 1.066 stan, dan menempati seluruh hall JCC yang memiliki luas sekitar 20.231 meter persegi agar dapat menampung seluruh kegiatan promosi dan acara pendukung lainnya, dan dibuka secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM RI, Teten Masduki.

Dalam pembukaan itu Teten Masduki menyampaikan bahwa Indonesia memiliki pangsa Pasar sebesar 1,25% di bidang kerajinan di Dunia.

“Pangsa Pasar diproyeksikan akan terus meningkat karena kekayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterampilan pengrajin dalam mengubah menjadi produk dekoratif dan kerajinan yang istimewa,” sebutnya.

Kemudian Sekretaris Dekranasda Kab. Solok, Yenti Nova mengatakan pada pameran kali ini Dekranasda Kabupaten Solok membawa beragam Produk Industri, Kecil dan Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Solok.

“Pada pameran kali ini kita membawa produk-produk unggulan kerajinan dari IKM yang ada di Kabupaten Solok,” terang Yenti Nova.

Yenti Nova juga menjelaskan produk unggulan yang dibawa beraneka ragam seperti, Tenun Talang Sarumpun dari Sungai Janiah Talang, Banun Songket dari Sungai Lasi, Tenun Family dari Batu Banyak Lembang Jaya, Batik Berkah Umat dari Bukit Tandang, Salingka Tabek dari Koto Baru Kubung, Batik Minang Panyakalan, Sulaman dari Lona Collection Muaro Paneh, Eco Print dari Rangkiang Luluih Tigo Lurah, Anyaman Perdana Pandan dari Junjuang Siriah, Tas By Emiko Produk asli milik Ketua Dekranasda Kab. Solok dan Jeliza Collection Mungkena dari Sulit Air.

“Melalui pameran ini kita berharap Produk IKM Kabupaten Solok dapat dikenal baik di Kabupaten, Provinsi, maupun di tingkat Nasional, dan menargetkan penjualan produk IKM Kabupaten Solok dapat tembus hingga 50 juta rupiah,” ujarnya.

Sementara itu tampak hadir Presiden RI, Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo pada Pameran Inacraft 2024 ini, serta menyempatkan diri untuk mengunjungi stan-stan yang ada. (romi)