Bela Negara Perwujudan Amanat Konstitusi

oleh -122 views
Sosialisasi Bela Negara kepada siswa sekolah dasar di Nagari Baringin. (dok)

Oleh: Slamet Arif Maulana

Mahasiswa KKN UNAND

MAHASISWA KKN PPM Unand 2022 di Nagari Baringin mengadakan program kerja Sosialisasi Bela Negara pada Senin, 15 Agustus 2022, tepat pada pukul 09.30 WIB di SDN 15 Baringin, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan dilaksanakan sebagai bagian dari KKN – PPM (Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) yang pada tahun ini dilaksanakan secara luring oleh mahasiswa dari berbagai macam asal di Nagari Baringin, semenjak dua tahun sebelumnya diadakan berdasarkan domisili disebabkan pandemi Covid-19.

Diketahui bahwa program kerja Sosialisasi Bela Negara ini diinisiasi oleh Mahasiswa Jurusan Ilmu Hukum yang mengusung tema “Bela Negara Dapat Dilakukan Siapapun, Di Manapun, dan Kapanpun”.

Sosialisasi ini diwakili oleh 6 mahasiswa dari 27 mahasiswa KKN PPM Unand 2022 Nagari Baringin yang terdiri dari berbagai jurusan dan diikuti oleh keseluruhan Siswa Kelas 5 SDN 15 Baringin, yakninya berjumlah 21 orang.

Sosialisasi Bela Negara ini kata penulis merupakan program kerja unggulan yang diadaptasi dari amanat konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia, tepatnya Pasal 30 ayat (1) UUD NRI 1945 yang bahwanya tiap-tiap warga negara berhak dan ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara. Beberapa mahasiswa bergerak menuju SDN 15 Baringin untuk memberikan pengetahuan tentang apa arti Bela Negara dengan ditanamkan sejak dini yang dikemas secara menarik dan disesuaikan dengan peserta yang dituju, yakni siswa kelas 5. Sesuai dengan tema yang kami usung, semoga dapat tercapai maksud dan tujuan kami serta dapat memberikan dampak positif bagi para siswa,

Beberapa hal yang menjadi alasan terkait diangkatnya progam kerja Sosialisasi Bela Negara ini yaitu dikarenakan pada saat ini sangat minimnya kesadaran hingga pemahaman siswa sekolah mulai dari tingkat dasar sampai menengah atas dalam memahami arti dari Bela Negara.

Sementara itu, beberapa di antaranya memahami arti dari Bela Negara, tetapi dipahami secara garis besar yang dengan cara langsung mengangkat senjata dan ikut terjun dalam medan peperangan. Hal ini sedikit banyaknya dapat dimengerti dikarenakan derasnya gempuran arus globalisasi yang kian menggerus kesadaran akan kebangsaan.

Oleh sebab itu, demi memberikan pengetahuan dasar yang tepat beserta meluruskan persepsi tentang keidentikkan angkat senjata yang merupakan tugas militer dengan arti Bela Negara yang sesungguhnya sekaligus bertepatan dengan bulan perayaan kemerdekaan Indonesia, sangat tepat rasanya untuk menanamkan kesadaran sejak dini tentang Bela Negara yang baik dan benar, yang dalam kesempatan ini ditujukan bagi Siswa Kelas 5 SDN 15 Baringin.

Kegiatan Sosialisasi Bela Negara ini berlangsung meriah dengan diiringi penuh antusias dari Siswa Kelas 5 SDN 15 Baringin, yang Sosialisasi Bela Negara tersebut dikemas secara interaktif dengan penayangan video animasi perihal Bela Negara dan pertanyaan seputar pengetahuan dasar kebangsaan serta cita-cita siswa terkait yang dihubungkan dengan penanaman semangat dengan upaya Bela Negara yang dapat dilakukan kedepannya.

“Asyik, Bang. Aku sudah tidak sabar untuk melakukan aksi Bela Negara sesuai cita-citaku dengan menjadi seniman. Terima kasih atas keseruannya, Bang.” ujar salah satu Siswa Kelas 5 SDN 15 Baringin yang berpartisipasi dalam Sosialisasi Bela Negara tersebut.(analisa)