Biaya Pilkada Pessel Diusulkan Rp 39.4 Miliar Lebih

oleh -157 views
Ketua KPU Pessel Epaldi pastikan tahapan Pilkada 2020 sudha dimulai.dengan mengajukan anggaran ke Pemkab, KPU usulkan biaya sebesar Rp.39.4 Miliar. (foto: dok)

Padang,—Habis Pileg Terbitlah Pilkada, 2020 Pesisir Selatan (Pessel) termasuk satu dari 14 Pilkada di Sumbar bagian dari Pilkada serentak pertama nasional usai Pemilu 2019.

Dan pembuayaan Pilkada ditanggung oleh APBD daerah penyepenggara pemilihan. Saat ini KPU Pessel memulai menyusunan tahapan Pilkada, dan biaya diusulkan untuk Pilkada Pessel 2020 sebesar Rp 39,4 Miliar lebih.

Ketua KPUD Pessel Epaldi Bahar dikonfirmasi mengatakan pengajuan biaya Pilkada Pessel berdasarkan rapat KPU.Pessel, sedangkan untuk memulai tahapan, setelah KPU penyelenggara Pilkada 2020 mendapat petunjuk dari KPU Pusat.

“Petunjuk KPU RI, KPU penyelenggara Pilkada segera melaksanakan tahapan Pilkada, maka dari itu KPU Pessel langsung melakukan rapat bersama membahas anggaran Pilkada di Kabupaten Pesisir Selatan. Kita, KPU Pessel telah melaksanakan tahapan Pilkada dengan penggusulan anggaran Pilkada ke Pemkab Pessel,”ujar Epaldi Bahar beberapa hari lalu kepada wartawan di Painan.

Epaldi menjelaskan, dari rapat anggota KPU Pessel pada pelaksanaan Pilkada tahun 2020 dianggarkan biaya Rp 39.407.005.740. Dan pengusulan anggaran ini sudah masuk dalam tahapan Pilkada, pelaksanaan hingga pasca pelaksanaan.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Erizon MT membenarkan KPU Pessel telah memasukan usulan anggaran Pilkada tahun 2020 ke Pemkab Pessel.

Dan selanjutnya Pemkab bersama DPRD Pessel akan membahasanya. Walaupun begitu, apakah besarnya sesuai usulan dari KPU Pessel menunggu hasil pembahasan bersama DPRD .

“Bantuan ini nantinya sifatnya adalah dana Hibah dari Pemkab Pessel,”ujar Erizon MT .(prtm)