BNNP dan BLK Gelar Pameran dan Edukasi Bahaya Narkoba

oleh
BNNP Sumbar bekerjasama dengan BLK Padang gelar pameran dan edukasi bahaya narkoba, Kamis 13/9 di halaman BLK Padang. (foto: humas/dd)

Padang,—Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang, menggelar pameran dan edukasi bahaya narkoba, Kamis 13 September 2018.

Pameran dan edukasi ditujukan untuk menyasar generasi milenial, kegiatan sehari penuh ini dilaksanaka di halaman BLK Padang, dengan mengangkat tema ‘Ciptakan Generasi Muda Kreatif Tanpa Narkoba’.

Kepala BLK Padang, Syamsi Hari, mengatakan, kerjasama dengan BNNP Sumbar sudah dilakukan sejak tahun 2016 lalu. Sejak itu, selain menerima para residen untuk dilatih keterampilan, tes urin, dan kegiatan lain seperti sosialisasi bahaya narkoba terus dilakukan.

“Kita telah melakukan pelatihan pada mantan pecandu. Ada 11 kejuruan yang kita sediakan. ini upaya kita agar mereka lebih mengerti hidup, lebih bermanfaat terhadap negara dan terutama untuk keluarga,”ujar Syamsi, Kamis 13/9.

Selain itu kata Syamsi juga dapat menyadari dan memahami bahaya narkoba.

“Menyadari bahaya narkoba jika sudah sampai pada dunia industri usaha kerja. Ini usaha pencegahan dan antisipasi. Kemarin kita lakukan dengan tes urin,” ujar Syamsi.

Menurutnya, selama dipelatihan, para mantan pencandu, diberikan perlakukan
peraturan dan pelajaran yang sama dengan peserta lainnya.

“Tidak ada yang kita bedakan, tidak ada peserta pelatihan rendah hati, semua sama dan normal. Tujuan mendatangkan anak muda, kami dengan BNNP berharap generasi muda, lebih lagi memahami bahan bahan psikotropika yang sangat terlarang di Indonesia,”ujar Syamsi.

Pameran dan edukasi bahaya narkoba dilaksanakan BNNP Sumbar bekerjasama dengan BLK Padang, didukung sponsor dari berbagai instansi dan perusahaan di Sumbar yakni  PT. Semen Padang, PT. Kunango Jantan, PDAM Kota Padang, Bank Nagari, Telkomsel, IPC Pelindo, RRI Padang, Hydro Coco, Wardah, Permata Bank, Mormo, dan Gojek.

Sementara itu, Kasi Pascarehabilitas, Bidang Rehabilitasi, BNNP Sumbar, Josra Maidi mengatakan, edukasi pada generasi muda untuk merubah pola pikir pentingnya mengetahui bahaya narkoba, dan hidup dalam berkreativitas.

“Generasi milenial cenderung individu, apalagi dengan dunia maya. Edukasi ini untuk merangsang pola pikir, jika komunikasi itu penting. Saling mengingatkan bahaya narkoba satu sama lainnya. Antara teman, bahkan di dalam keluarga sendiri. Ajang ini untuk sosialisasi, generasi muda bebas narkoba, dan kreatif tanpa narkoba. Makanya kita bekerjasama dengan BLK,” ujarnya.

Indah Chania, salah satu peserta mengaku kegiatan sangat positif bagi generasi muda. “Program ini sangat bagus, manfaatnya sangat banyak, bisa edukasi belajar juga. Nanti, pengetahuan ini akan saya sebar deh di sosial media,”ujarnya. (rilis/dd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *