‘Bu Nevi’ Paparkan Kerja ke Media di Padang

oleh -72 views
Kordinator Kapas berdialog dengan Anggota DPR RI Nevi Zuairina dalam temu wartawan bertopik “Nevi Penyuara Aspirasi Rakyat Sumbar” Jumat 31/7 (foto: dok/own)

Padang,—-30 wartawan berbagai media bertemu Anggota Fraksi PKS DPR RI Hj Nevi Zuairina dalam rangka reses wakil rakyat, Jumat 31/7 di Safari Garden Nipah Kota Padang.

”Sengaja berinteraksi dengan wartawan saat reses ini, karena ibu menilai ada aspirasi riil yang disuarakan kawan-kawan media dalam rangka menggali aspirasi masyarakat untuk masa sidang DPR RI berikutnya,”ujar Nevi Zuairina.

Nevi yang terkenal ‘garang’ menyuarakan soal UMKM dan Dana talangan  BUMN di Komisi VI DPR RI tempat seharian istri gubernur Sumbar ini bekerja menyebut UMKM menjerit saat pandemi.

”Harus ada perhatian khusus pemerintah terhadap kondisi krisis pandemi saat ini, tidak pinjaman ya tapi dana hibah atau bantuan tanpa pengembalian,”ujar Nevi.

Pada bagian lain Nevi juga menyampaikan soal kerasnya Fraksi PKS terhadap RUU Cipta Kerja, karena dinilai mengkebiri koperasi dan kontradiktif dengan RPJM Nasional serta bisa mematikan industri dalam negeri.

”Mengurus negara ini jangan kesannya baik menurut pemikiran pemerintah saja, tapi harus ada uji aspirasi masyarakat terhadap rencana itu, soal pembahasan, ada pro-kontra itu biasa saja,”ujarnya.

Nevi Wakil Rakyat Berponten 8

Anggota DPR RI dari PKS Nevi Zuairina termasuk media darling di Sumbar. (foto: dok/own)

Bahkan saat tanya jawab Kordinator Kapas yang juga owner www.forumsumbar.com Isa Kurniawan kasih ponten delapan kepada Nevi Zuairina.

”Sering bersuara dan tidak ragu ngomong soal rakyat, bahkan di Sumbar menjadi ‘media darling’, pantas dan pas bu Nevi selaku wakil rakyat dari Sumbar greatnya atau potennya delapan,”ujar Isa Kurniawan.

Dapat pujian tu Nevi Zuairina dengan gaya khas keibuan hanya menjawab terima kasih.

”Ibu masih harus banyak belajar,”ujarnya.

Nevi Zuairina menghadapi curah pikir awal media ternyata cukup lihai menjawab.

”Ini enaknya bertemu kawan-kawan wartawan, tak semuanya serius, ada guyonan tapi sarat makna perjuangkan aspirasi rakyat. Tidak salah anggapan kalau wartawan itu penyuara aspirasi rakyat tanpa dewan atau wakil rakyat tanpa dewan,”ujar Nevi.

Selama menjadi wakil rakyat, Nevi Zuairina dikenal sebagi ibunya UMKM Indonesia. Pasalnya Nevi Zuairima setiap bersuara pasti selalu menyampaikan kondisi UMKM dan mengajak pemerintah ramah kepada UMKM. Termasuk Nevi Zuairina mengatakan soal Kridit Usaha Rakyat (KUR) pakai anggunanan riil sebenarnya tidak begitu.

”Tapi tetap ada anggunan karena bank nggak mau bersiko, soalnya sosialisasi kepada rakyat tidak dipahami full. masih ada rakyat beranggapan kalau uang dari pemerintah disalurkan bank tidak perlu dikembakikan. Harusnya tidak begitu, karena KUR itu prinsipnya dana bergulir,”ujar Nevi yang sejak Oktober 2019 sudah menyapa kosntiituen memilihnya di 1500 titik pada Dapil Sumbar 2.

Bahkan Nevi tidak sekedar menyapa, politisi perempuan PKS ini juga membangun infrastruktur penunjang kerja wakil rakyat di Dapil-nya, Nevi Zuairina membentuk Tim Hj Nevi Zuairina sampai Kecamatan.

Jalan Tol Atau Pemberdayaan Ekonomi 

Jalan Tol tengah dikebut pembangunannya di Sumatera termasuk tuas tol Sumbar-Riau, ternyata FPKS DPR RI, satu-satunya fraksi yang menolak pemberian dana talangan untuk Hutama Karya yang lagi membangun jalan tol tersebut.

”Alasan penolakan, meski jalan  tol itu ada di Dapil saya, karena Fraksi PKS lebih melihat faedahny tol. Tol iti bisa ditunda, tapi pemberdayaan dan penguatan ekonomi rakyat saat ini mendesak. Jadi alasannya mengapa dana talangan untuk Hutama Karya dialihkan ke program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Tapi bersebarangan soal ini dan alasan jelas, ternyata tidak diakomodir di Komisi VI ya tidak apalah yang pasti kita sudah menyuarakan sesuatu yang kita anggap pas saat ini,,”ujarnya.

Berintegrasi denhn wartawan di sebuah cafe representatif di bilangan Nipah akhirnya dibunuh oleh rejim waktu.

”Terima kasih media, jumpa saat reses ini kota akhiri, ibu mesti bertemua konstituen lagi malam ini. Jangan ragu bertanya silahkan whtasapp ibu ya,”ujar Nevi. (own)